Guru Besar IPB Raih Penghargaan dari UNESCO

Guru Besar IPB Raih Penghargaan dari UNESCO

Prof-Hidayat-Pawitan
Prestasi

Guru Besar bidang Geofisika dan Meteorologi, Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof.Dr. Hidayat Pawitan mendapat United Nation Education Science and Cultural Organization – International Hidrologycal Programme, Regional Steering Committee for Southeast Asia and the Pacifik (UNESCO-IHP RSC-SEAP) Award. Penghargaan yang diberikan atas  kontribusi dan dedikasinya dalam berbagai kegiatan UNESCO-IHP  RSC-SEAP ini diberikan oleh  Ketua UNESCO-IHP RSC-SEAP, Kaoru Takara saat 50th Anniversary of UNESCO IHD and IHP di Medan, baru-baru ini.

 

Prof. Hidayat mengatakan, anggota peneliti IHP dari Indonesia hanya 20 orang dan tiap enam tahun di-update. Mereka berasal dari LIPI, Pekerjaan Umum, balai-balai penelitian dan perguruan tinggi. “Sudah lebih dari 20 tahun saya ikut berkontribusi dan berkiprah sebagai anggota IHP. UNESCO menerbitkan katalog mengenai kondisi sungai-sungai  di dunia (Catalog of Rivers), saya menjadi editor pada dua dari 50 volume katalog tersebut.  Karena itulah mereka memberikan penghargaan tersebut,” ujarnya.

 

Ia menjelaskan katalog tersebut berisi perkembangan terkini kondisi sungai-sungai di dunia dan secara berkala dilakukan revisi. Katalog ini menjadi salah satu acuan para peneliti dan stakeholder untuk melakukan penelitian dan pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS).

 

Menurutnya, tidak mudah untuk menjadi anggota UNESCO-IHP RSC-SEAP. Ada seleksi ketat dan rekomendasi dari tim khusus. Sejak tahun 1996, Prof. Hidayat selalu mengikuti berbagai pertemuan ilmiah dan kegiatan aksi UNESCO-IHP-RCS-SEAP di berbagai negara. (ris)