SIMA IPB, Aplikasi Pintar untuk Efektivitas Pengelolaan Aset

SIMA IPB, Aplikasi Pintar untuk Efektivitas Pengelolaan Aset

SIMA
Prestasi

Seiring berkembangnya teknologi informasi, pemanfaatan internet kini juga semakin berkembang, salah satunya yakni sebagai media manajemen aset suatu institusi. Sebagai tahap awal, Institut Pertanian Bogor (IPB) menyelenggarakan sosialisasi aplikasi Sistem Informasi Manajemen Aset (SIMA) IPB Online, Senin (7/12). Kegiatan yang diikuti oleh setiap unit IPB tersebut bertempat di auditorium Andi Hakim Nasoetion, kampus IPB Dramaga, Bogor.

 

Kegiatan sosialisasi disampaikan oleh Direktur Pengembangan Sarana dan Prasarana IPB, Dr. Erizal bersama dengan tim SIMA IPB. Ia menjelaskan bahwa penerapan SIMA berbasis online ini bertujuan agar pendataan aset secara tertulis ataupun fisik di lapangan lebih akuntable. Selama ini pendataan aset IPB masih dilakukan dengan cara konvensional yang dilaporkan pada Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI setiap tahunnya.

 

Aplikasi SIMA IPB merupakan template standar untuk pelaporan aset, sehingga data yang di-input seragam semua. Aplikasi ini digunakan untuk membantu unit kerja dalam penataan pengelolaan aset terutama dalam hal pencatatan dan pelaporan aset di lingkungan IPB. Pencatatan aset oleh setiap unit nantinya akan terintegrasi secara online pada server pusat. Metode ini diharapkan mampu mendukung pengelolaan aset secara efektif. (AS)