International Achievement

Aryanis Mutia Zahra

Aryanis Mutia Zahra
Mahasiswa Program Studi Magister Teknologi Pascapanen

Melanjutkan studi di jenjang Magister tidak menyurutkan Mutia untuk terus berprestasi. Meskipun disibukkan dengan kegiatan akademik dan penelitian, Mutia berusaha berprestasi dengan mengikuti berbagai kompetisi. Usahanya itu membuahkan hasil dengan mendapatkan Juara 1 Lomba Start Up Hult Prize on Campus Tokyo University of Agriculture and Technology (TUAT) tahun 2019, Juara 3 Penulisan Essay yang diadakan oleh Inqu id tahun 2018, dan mewakili TUAT di Hult Prize Regionals, Tokyo tahun 2020.  Mutia juga berkesempatan mengikuti exchange student di Sakura Science Program, Kobe University tahun 2018 dan Short Term Exchange Program (STEP) di TUAT University tahun 2019-2020. 

Fokus penelitian yang ia lakukan membuatnya bisa mengikuti Conference FOSciTech 2018 dan berhasil menerbitkan dua publikasi nasional Warta IHP di tahun 2019 dan publikasi internasional IJASEIT di tahun 2020. Penelitian yang ia lakukan selama exchange di TUAT University juga diikutkan dalam agenda Conference Kanto Society of Agricultural Machinery and Food Engineering bulan September 2020.

Farhan Kurniawan

Farhan Kurniawan
Mahasiswa Program Studi Meteorologi Terapan

Selama berkuliah, Farhan diberi kepercayaan untuk menjadi Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tarung Derajat periode 2017-2018 dan Ketua Kerohanian Islam IKLIM Departemen Geofisika dan Meteorologi Terapan periode 2017-2019. Di samping itu, Ia juga berkesempatan belajar di Asrama Sylvapinus IPB University yang menunjang dirinya untuk berprestasi. 

Di sela-sela kesibukannya mengurus organisasi, Farhan juga berkesempatan untuk berprestasi. Beberapa prestasi yang ia raih antara lain sebagai Pembicara 2nd International Conference of Natual Resources and Environmental Conversation tahun 2019, Peserta Student Exchange di Jeonbuk National University, Korea Selatan tahun 2020, Peserta SUIJI Service Learning Program (SLP) tahun 2019, Perwakilan Provinsi Jawa Barat dalam 2nd Youth Camp Badan Restorasi Gambut tahun 2019, Penerima beasiswa Goodwill International Scholarship 2018-2020 dan PLN Scholarship tahun 2017-2018.

Farhan juga telah berhasil menerbitkan publikasi ilmiah di tingkat internasional yaitu IOP Conference Series: Earth and Environmental Science pada tahun 2019. Ia juga dinobatkan sebagai Tutor Terbaik kategori Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada moment penghargaan INSAN Cerdas Award and Appreciation Day 2019.

National Achievement

Aulia Puspa Brilianti Syahputri

Aulia Puspa Brilianti Syahputri
Mahasiswa Program Studi Teknologi dan Manajemen Perikanan Tangkap

Bercita-cita ingin mengabdi di bidang perikanan tidak menghalangi Aulia untuk berprestasi. Saat ini Aulia berkesempatan mendapat program pendanaan Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) tahun 2020. Bisnis yang ia jalankan yaitu I-Nufood dengan produk nununnugget. 

Di samping berbisnis, Aulia juga aktif sebagai Sekretaris Divisi Pengembangan dan Keprofesian, Himpunan Mahasiswa Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (Himafarin), pernah mendapat Juara 1 Lomba Menulis Puisi tingkat Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dan pernah mengikuti lomba Cipta Puisi tingkat Nasional.

Dihqon Nadamist

Dihqon Nadamist
Mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Ekonomi

Bermula dari kepeduliannya untuk membantu mahasiswa Bidikmisi dan masyarakat yang putus sekolah, Dihqon Nadamist, mendirikan start up bernama CleanSheet, sebuah bisnis rintisan yang menawarkan  jasa bersih-bersih rumah. Dihqon sendiri ketika masih menjadi mahasiswa sarjana juga merupakan penerima manfaat beasiswa Bidikmisi. Ia juga berkesempatan untuk melanjutkan ke jenjang sekolah pascasarjana melalui program fast track. 

Berbekal dari karyanya tersebut, Dihqon berkesempatan tampil dalam acara KickAndy pada 16 Agustus 2020. Berbekal dari karyanya tersebut, Dihqon berkesempatan meraih penghargaan sebagai penerima Hibah Program Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia dari Kementistekdikti tahun 2019, Penerima Hibah Program Mahasiswa Wirausaha IPB University, Penerima Hibah Wirausaha Muda Pemula dari Kemenpora tahun 2019, dan masuk dalam 25 Besar Start Up Summit di Batam yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti tahun 2019. 

Di samping mengurus usahanya, ternyata Dihqon juga memiliki berbagai prestasi seperti Juara 2 Economic Paper of Indonesia Condition (EPIC) NEMO Tingkat Nasional tahun 2018, Juara 3 Economic Solutions Nasional tahun 2018 dan sebagai Delegasi IPB University dalam Jambore Bebas Sampah di Banda Aceh tahun 2017.