Subjects Code (MK) and Credit Charges

 

Subjects Code (MK)

Kode Mata Kuliah (KMK) dinyatakan dalam 6 dijit untuk setiap mata kuliah. Secara umum, kode matakuliah dapat dituliskan seperti AAAXXX. A menunjukkan huruf dan X menunjukkan bilangan. Tiga huruf merupakan kode untuk singkatan nama jurusan/bagian pengasuh atau kelompok mata kuliah. Tiga angka merupakan kode yang berturut-turut menunjukkan kedalaman, rumpun atau laboratorium pengasuh, dan nomor urut mata kuliah dalam rumpun atau laboratorium pengasuh.

Credit Charges

Jumlah kredit (beban kredit) suatu mata ajaran dituliskan setelah kode mata ajaran yang bersangkutan pada ruang sebesar 6 dijit. Pada dijit pertama dituliskan total beban kredit. Pada dijit kedua ditulis tanda kurung buka "(". Pada dijit ketiga dituliskan jam tatap muka kuliah dari mata ajaran yang bersangkutan. Pada dijit keempat ditulis tanda "-". Pada dijit kelima ditulis jam tatap muka praktikum. Pada dijit keenam ditulis tanda kurung tutup ")".

Kuliah yang mempunyai mata kuliah prasyarat diberi tanda dengan menuliskan kode mata kuliah prasyarat setelah tulisan beban kredit mata kuliah tersebut. Setiap mahasiswa yang akan mengambil mata kuliah yang mempunyai mata kuliah prasyarat, harus mengambil mata kuliah prasyarat terlebih dahulu.