Visiting Professor: Departemen Gizi Masyarakat IPB University Kolaborasi dengan Kasetsart University

Visiting Professor: Departemen Gizi Masyarakat IPB University Kolaborasi dengan Kasetsart University

Visiting Professor Departemen Gizi Masyarakat IPB University Kolaborasi dengan Kasetsart University
Berita

Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia (Fema) IPB University telah sukses menyelenggarakan rangkaian kegiatan inbound dan outbound dalam rangka pelaksanaan program Visiting Professor. Kegiatan ini didukung oleh Lembaga Riset Internasional (LRI) Pangan, Gizi dan Kesehatan IPB University dan program hibah Pusat Unggulan Antar Perguruan Tinggi (PUAPT) 2024.

Dalam kegiatan inbound, Departemen Gizi Masyarakat menghadirkan dosen tamu dari Thailand, yaitu Assoc Prof Wannee Jirapakkul dari Department of Food Science and Technology, Faculty of Agro-Industry, Kasetsart University. Kegiatan ini meliputi workshop dengan judul ‘The Role of Chromatography in Food Analysis’ serta pemberian kuliah tamu pada program S1, S2, dan S3 Ilmu Gizi IPB University.

Pada pembukaan workshop, Dr Zuraidah Nasution, selaku Sekretaris Departemen Gizi Masyarakat, menyampaikan sambutannya. Ia berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat, terutama bagi mahasiswa yang sedang atau akan melakukan penelitian analisis dengan instrumen gas chromatography (GC) dan high-performance liquid chromatography (HPLC).

“Setelah sebelumnya kita mengadakan workshop tentang kebijakan dan program pangan serta gizi, workshop kali ini diharapkan dapat membantu rekan-rekan dosen dan mahasiswa yang akan melakukan penelitian di laboratorium. Semoga materi yang didapat hari ini dapat membantu dalam penyusunan metode analisis, khususnya yang menggunakan instrumen GC dan HPLC,” ujar Dr Zuraidah.

Pada hari pertama workshop, Assoc Prof Wannee Jirapakkul memaparkan materi terkait instrumen GC dan HPLC. Ia menjelaskan komponen-komponen utama, prinsip kerja, hingga metode analisis menggunakan instrumen tersebut. Kegiatan berlangsung interaktif dan dihadiri oleh beberapa dosen serta mahasiswa sarjana dan pascasarjana Ilmu Gizi IPB sebagai peserta.

Hari kedua workshop adalah lab demo. Seluruh peserta dibawa untuk mengunjungi PT Ditek Jaya di Kebon Jeruk, Jakarta Barat selaku agen tunggal merk Shimadzu di Indonesia, untuk mempelajari secara langsung instrumen GC dan HPLC.

Setelah serangkaian kegiatan inbound, program dilanjutkan dengan kegiatan outbound. Dalam kegiatan outbound, tujuh orang peserta workshop dari Program Studi Pascasarjana Ilmu Gizi IPB University telah terpilih dan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program pelatihan ke Kasetsart University, Thailand pada 26 – 27 September 2024. Para peserta didampingi oleh dosen, yakni Prof Rimbawan dan Dr Zuraidah Nasution, serta staf laboratorium Departemen Gizi Masyarakat, yaitu Ine Amalia, SSi. Di sana, mereka melakukan hands-on training menggunakan instrumen GC dan HPLC dengan bimbingan langsung dari Assoc Prof Wannee Jirapakkul beserta tim.

Kegiatan outbond dilakukan selama dua hari. Pada hari pertama, para peserta mendapatkan materi tentang green tea and anti-obesity effect dari Asst Prof Sudathip Sae-tan dari Department of Food Science and Technology Faculty of Agro-Industry Kasetsart University, dengan poin utama mengenai komponen bioaktif, mekanisme kerja, serta metode pengujian. Semua peserta melakukan praktik mulai dari persiapan sampel, tahapan ekstraksi hingga penggunaan HPLC yang didampingi oleh Assoc Prof Wannee Jirapakkul serta department scientist yaitu Mrs Piyaman Sukwises dan graduate student yaitu Ms Yosita Laoviriya.

Pada hari kedua workshop, para peserta mendapatkan materi dengan topik nitrosamines in processed meat dari Assoc Prof Kanithaporn Vangnai mengenai pengkajian kandungan nitrosamin di produk olahan daging yang merupakan perhatian dalam hal keamanan pangan. Peserta mendapatkan kesempatan untuk melakukan preparasi sampel, ekstraksi, serta analisis menggunakan Gas Chromatography-Mass Spectrometry (GC-MS), yang didampingi oleh Assoc Prof Wannee Jirapakkul serta Mrs Piyaman Sukwises dan Mr Yutthachai Ruanghchaisirwate sebagai graduate student.

Pelatihan ini memberikan manfaat besar bagi para peserta, terutama dalam mengasah kemampuan mereka dalam melakukan analisis laboratorium berbasis prinsip-prinsip kromatografi. Selain itu, kolaborasi akademik antara IPB University dan Kasetsart University juga semakin memperkuat jaringan internasional dan mendukung riset bersama dalam bidang pangan dan gizi. (*/Rz)