Transformasi Bisnis, IPB University Launching Merchandise IPB dan DailyUs

Transformasi Bisnis, IPB University Launching Merchandise IPB dan DailyUs

Transformasi Bisnis, IPB University Launching Merchandise IPB dan DailyUs
Berita

Rektor IPB University, Prof Arif Satria secara resmi meluncurkan dua unit bisnis baru bernama Merchandise IPB dan DailyUs yang merupakan re-branding dari Botani Merchandise dan AgriMart. Dua unit bisnis ini berada di bawah pengelolaan Badan Pengembangan Dana Lestari, Bisnis, dan Investasi (BPDLBI) IPB University.

“Saya sampaikan alhamdulillah, IPB University terus berbenah dalam perkembangan bisnis, karena bisnis itu ukurannya uang dan profit, jadi bagaimana bisnis ini membuat keuntungan dan membawa pemasukan untuk IPB University,” kata Prof Arif dalam sambutannya di halaman Gedung Penunjang Wisuda, Kampus IPB Dramaga, Bogor, (15/10).

Menurut Prof Arif, selain menjadi ladang profit, keberadaan Merchandise IPB diharapkan dapat mempromosikan IPB University secara luas melalui produk-produk yang dipasarkan. Beberapa produk yang telah dipasarkan seperti topi, kaos, jaket, bahkan dasi berlogo IPB University. Adapun DailyUs diharapkan dapat menunjang kebutuhan mahasiswa IPB University sehari-hari.

“Jadi, penting untuk pengembangan bisnis merchandise ini agar logo IPB University dapat ditemukan di mana-mana,” tutur Prof Arif.

Prof Arif menerangkan, sebanyak 10 persen dari keuntungan bisnis tersebut dialokasikan untuk beasiswa mahasiswa. Menurutnya, program tersebut akan menarik para pembeli, karena dengan membeli salah satu produk di Merchandise IPB atau DailyUs dapat berkontribusi untuk beasiswa pendidikan mahasiswa.

“Saya kira tim BPDLBI IPB University sudah menyiapkan roadmap. Mudah-mudahan roadmap ini dapat direalisasikan tepat waktu dan bisnis IPB University semakin menggeliat, dari kecil semakin besar,” ujarnya.

Khusus produk pangan yang dijual di DailyUs, Prof Arif menekankan agar BPDLBI IPB University memperhatikan keamanan dan kehalalan makanan sehingga layak dan baik untuk dikonsumsi para mahasiswa IPB University.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala BPDLBI IPB University, Dr Indah Yuliasih mengatakan, peluncuran Merchandise IPB dan DailyUs merupakan titik awal sebuah transformasi bisnis IPB University. Dua unit bisnis tersebut mengacu pada filosofi 1963, tahun didirikannya IPB University.

“Simbol 63 menunjukkan titik balik sejarah transformasi itu. Kita menggunakan logo kupu-kupu dari angka 63. Seperti ulat, kita beranggapan bahwa bisnis-bisnis sebelumnya yang berada di kepompong sekarang sudah waktunya kita bertransformasi untuk membuat bisnis agar lebih lincah dan bergairah untuk memenuhi kebutuhan semua civitas,” tuturnya.

Dr Indah menuturkan, dua unit bisnis yang baru diluncurkan IPB University tersebut merupakan langkah awal untuk membuat brand-brand yang lain. “Brand untuk saat ini yang kita perkenalkan adalah Merchandise IPB, jadi bukan Botani Merchandise lagi. Untuk AgriMart kita ubah jadi DailyUs, ini akan memenuhi semua kebutuhan mahasiswa yang hitungannya hanya detik,” katanya.

Dr Indah berharap, transformasi ini menjadi satu kesatuan untuk membesarkan bisnis IPB University. Menurutnya, terpenting adalah unit bisnis yang ada dapat memudahkan memenuhi segala kebutuhan IPB University yang melibatkan semua civitas. (MHT/ra)