SKHB IPB University Bersiap Bangun Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK)

SKHB IPB University Bersiap Bangun Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK)

SKHB IPB University Bersiap Bangun Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK)
Berita

Dalam memperkuat langkah pembangunan Zona Integritas di unit kerja, Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) IPB University menggelar Sosialisasi Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) pada Sabtu dan Minggu (12-13/10).

Pembangunan Zona Integritas merupakan langkah konkret dalam mempercepat terwujudnya Reformasi Birokrasi di unit kerja. Hal ini bertujuan untuk menyelenggarakan layanan publik yang baik, efektif, dan efisien, sehingga dapat melayani stakeholder secara cepat, tepat, dan profesional.

Sekretaris Tim Pembangunan Zona Integritas di SKHB IPB University, Dr Danang Dwi Cahyadi, menyampaikan paparan pada sosialisasi yang diselenggarakan di Robinson Cisarua Resort, Bogor ini.

“Pengembangan Zona Integritas pada dasarnya adalah melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap proses bisnis yang sudah biasa dilakukan di unit kerja, dengan mengacu pada enam pengungkit atau area perubahan. Tujuan akhirnya, kita meningkatkan pelayanan yang bebas dari praktik korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), serta betul-betul memiliki jiwa melayani”, tuturnya.

Zona Integritas memiliki enam pengungkit sebagai indikator, yaitu manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen sumber daya manusia (SDM), penguatan akuntabilitas kinerja, penguatan pengawasan, serta peningkatan kualitas pelayanan publik.

Sasaran Zona Integritas meliputi fokus dalam pencegahan KKN melalui pengendalian dan pengawasan internal terhadap seluruh risiko penyimpangan integritas. Selain itu, pelayanan publik prima yang berfokus untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik guna mendorong kepuasan penerima layanan.
Peningkatan kapabilitas untuk mengoptimalkan kinerja unit kerja dengan melakukan dan meningkatkan kualitas manajemen kinerja juga menjadi fokus sasaran Zona Integritas. (AP/Rz)