Sekolah Vokasi IPB University Selenggarakan Workshop Penyusunan RPS Sistem Blok

Sekolah Vokasi IPB University Selenggarakan Workshop Penyusunan RPS Sistem Blok

Sekolah Vokasi IPB University Selenggarakan Workshop Penyusunan RPS Sistem Blok
Berita

Sekolah Vokasi IPB University menyelenggarakan kegiatan Workshop Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Workshop ini bertujuan untuk merancang metode pembelajaran yang lebih efektif dan terstruktur sesuai dengan kebutuhan industri dan perkembangan teknologi terkini.

Dalam pembukaan sambutan, Wakil Dekan Sekolah Vokasi IPB University bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Dr Rina Martini, menyampaikan pentingnya reformasi kurikulum bagi lulusan Sekolah Vokasi. Ia menyampaikan, Sekolah Vokasi IPB University saat ini berusaha meningkatkan capaian kelulusan dalam beberapa aspek, yaitu berwirausaha, perkembangan ilmu pengetahuan, penguasaan teknologi terkini, baik dalam negeri maupun luar negeri.

“Dengan tersusunnya Kurikulum 2020 (K2020), diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang akan mendorong mereka keluar dari kemiskinan serta dapat berkontribusi untuk bangsa dan negara,” tambahnya.

Prof Yulin Lestari Direktur Transformasi Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran (TPTP) IPB University, menjelaskan tentang peran RPS berbasis sistem blok. Ia menyebut, sistem blok ini dirancang untuk memfasilitasi mahasiswa dalam mencapai kompetensi yang dibutuhkan melalui learning path way/journey yang terencana.

“RPS yang disusun sesuai dengan Peraturan Menteri No 3 tentang Standar Pendidikan Nasional Tinggi ini memungkinkan proses pembelajaran yang lebih terfokus, berlangsung selama satu semester pada program studi,” ujar Prof Yulin.

Salah satu dosen Sekolah Vokasi IPB University, Nur Aziezah, SSi, MSi memberikan tanggapannya terkait pencapaian RPS. Ia menyebut, pentingnya penerapan pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) dalam pencapaian target RPS.

“Untuk mencapai hasil yang optimal dari RPS, harus ada project-based learning. Mahasiswa dapat berkolaborasi dengan mitra industri dan menghasilkan produk nyata,” ujar Nur Aziezah dosen Prodi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak (TPL) ini.

Workshop ini menegaskan komitmen Sekolah Vokasi IPB University untuk meningkatkan kualitas pendidikan vokasi terutama dalam menyiapkan lulusan yang siap menghadapi tantangan dunia kerja. Melalui kegiatan ini, diharapkan menjadi langkah konkret Sekolah Vokasi IPB University untuk lebih siap menghadapi tantangan dunia kerja yang dinamis dan beragam. (RC/NPA/ra)