Monev Dospulkam 2024: Bukti Sinergi Inovasi IPB University dengan Pengembangan Masyarakat

Monev Dospulkam 2024: Bukti Sinergi Inovasi IPB University dengan Pengembangan Masyarakat

Monev Dospulkam 2024 Bukti Sinergi Inovasi IPB University dengan Pengembangan Masyarakat
Berita

Dalam rangka upaya perbaikan dan penyempurnaan program Dosen Pulang Kampung (Dospulkam), belum lama ini Direktorat Pengembangan Masyarakat Agromaritim (DPMA) IPB University menggelar kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev).

Rangkaian kegiatan Monev Dospulkam 2024 dibuka oleh Prof Ernan Rustiadi, selaku Wakil Rektor IPB University bidang Riset, Inovasi, dan Pengembangan Agromaritim.

Dalam sambutannya, Prof Ernan menyampaikan bahwa Dospulkam merupakan kegiatan yang memiliki ciri khas pengabdian unik dan berbeda. Menurutnya, ciri khas tersebut adalah lokasi pelaksanaannya yang terletak di kampung halaman dosen, sehingga memiliki keeratan sosiologis dengan para dosen IPB University yang menjalankan program.

“Beberapa tempat yang berhubungan dengan historical juga akan terbangun menjadi sosial kapital. Hubungan dan silaturahmi inilah yang terus kita pertahankan dan menjadi modal dalam rangka melaksanakan pengabdian masyarakat,” tutur dia.

Sesi Monev dilaksanakan secara virtual melalui breakout room Zoom Meeting yang terbagi menjadi tiga ruang. Setiap room didampingi oleh reviewer yang memberikan evaluasi terhadap kinerja dan pelaksanaan program.

Tim reviewer terdiri dari Prof Pudji Muljono, sebagai reviewer room pertama. Lalu Dr Agus Oman Sudrajat sebagai reviewer room kedua. Selanjutnya Dr Nandi Kosmaryandi sebagai reviewer room ketiga.

Monev Dospulkam menekankan pada keberlanjutan program, peningkatan kualitas luaran, dan dampak yang dirasakan oleh sasaran program, seperti masyarakat, lembaga, santri, petani, nelayan, dan sebagainya.

Adapun program Dospulkam 2024 dilakukan di 75 lokasi yang tersebar di seluruh provinsi Indonesia. Jumlah ini mengalami peningkatan dari tahun 2023 yang hanya 51 lokasi. Pada tahun ini, Dospulkam juga mampu melibatkan 314 dosen, hampir dua kali lipat dari jumlah dosen pada tahun 2023 sebesar 173 dosen.

Guna mendukung keberlanjutan program, Dospulkam juga terintegrasi dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi, berbagai penelitian, dan program pengembangan masyarakat lainnya.

Melalui hal tersebut, program Dospulkam IPB University telah menjadi salah satu wujud nyata kontribusi akademisi dalam memajukan masyarakat Indonesia, dengan harapan keberlanjutan dan pengembangan lebih lanjut di tahun-tahun mendatang. (*/Nr)