LKPE IPB University dan Universitas Pakuan Gelar Program Sertifikasi Internasional untuk Dosen

LKPE IPB University dan Universitas Pakuan Gelar Program Sertifikasi Internasional untuk Dosen

LKPE IPB University dan Universitas Pakuan Gelar Program Sertifikasi Internasional untuk Dosen
Berita

Lembaga Kepemimpinan dan Pendidikan Eksekutif (LKPE) IPB University bekerja sama dengan Certiport, salah satu penyedia sertifikasi global terkemuka di dunia, kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong peningkatan kualitas tenaga pendidik di Indonesia dengan menyelenggarakan Program Sertifikasi Internasional.

Kali ini, dosen-dosen Sekolah Vokasi Universitas Pakuan sebagai peserta yang mengikuti program ini. Sebanyak 10 dosen mengikuti program sertifikasi yang terdiri dari Entrepreneurship and Small Business (ESB), Project Management Ready (PMI), IT Specialist, IC3 Digital Literacy, dan Meta Digital Marketing.

Program ini bertujuan untuk membantu para dosen mencapai standar kompetensi internasional dalam teknologi dan keterampilan digital yang semakin dibutuhkan di dunia pendidikan modern.

Dekan Sekolah Vokasi Universitas Pakuan, Dr Tjut Alawiyah Zuraiyah menyambut baik kesempatan ini dan berharap sertifikasi ini dapat meningkatkan kompetensi dan keterbaruan dosen dalam bidang pengajaran. “Melalui proses sertifikasi ini, kami berharap dosen dapat meningkatkan keahlian dan pengetahuan dalam bidang tertentu, yang tentunya dapat membantu dalam pengembangan karier mereka,” ujarnya.

Dr Pria Sembada, Wakil Kepala LKPE IPB University bidang Sertifikasi dan Kompetensi menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama antara IPB University dengan Universitas Pakuan dalam mendukung indikator kinerja utama (IKU) perguruan tinggi. “Ke depannya, kegiatan ini tidak hanya untuk dosen saja, tetapi dapat dilaksanakan oleh mahasiswa sehingga lebih matang dalam mempersiapkan portofolio menuju lapangan pekerjaan di masa mendatang,” pungkasnya.

Kegiatan ini mendapat antusiasme yang tinggi dari para dosen Sekolah Vokasi Universitas Pakuan, yang menyadari pentingnya memiliki sertifikasi internasional untuk mendukung perjalanan karier mereka di masa depan. Salah satu peserta, Fikri Adzikri, ST, MT dari Program Studi Sarjana Terapan Kecerdasan Buatan dan Robotika Sekolah Vokasi Universitas Pakuan menyampaikan, “Keikutsertaan dalam program sertifikasi ini adalah langkah penting bagi kami.”

“Sertifikasi internasional tidak hanya meningkatkan kompetensi kami sebagai dosen, tetapi juga memberikan pengakuan yang diperlukan untuk bersaing di tingkat global. Kami berharap sertifikasi ini dapat meningkatkan kualitas pengajaran kami dan mempersiapkan mahasiswa untuk tantangan di industri,” harapnya.

Dalam kegiatan ini, para dosen bisa secara langsung mengetahui hasil uji sertifikasi di akhir sesi, dan memungkinkan mendapat evaluasi kompetensi secara real-time. Pengalaman ini tidak hanya memberikan sertifikasi internasional tetapi juga gambaran dan langkah strategis dalam membentuk masa depan pendidikan di Indonesia yang lebih inovatif dan kompetitif di tingkat global. (*/Rz)