Indonesia Pikat Perhatian di China-ASEAN Expo 2024 Berkat Komoditas Khas dan Kerajinan Lokal

Indonesia Pikat Perhatian di China-ASEAN Expo 2024 Berkat Komoditas Khas dan Kerajinan Lokal

Indonesia Pikat Perhatian di China-ASEAN Expo 2024 Berkat Komoditas Khas dan Kerajinan Lokal
Berita

China-ASEAN Expo (CAEXPO) 2024 yang berlangsung belum lama ini di Nanning, Guangxi, Cina menjadi ajang promosi besar bagi berbagai negara di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Tahun ini, Direktorat Pengembangan Masyarakat Agromaritim (DPMA) IPB University bekerja sama dengan PT Astra International Tbk turut ambil bagian melalui Program Desa Sejahtera Astra. Mereka memperkenalkan sejumlah komoditas unggulan Indonesia yang berpotensi tinggi untuk memasuki pasar ASEAN dan Cina.

DPMA IPB University, sebagai Pembina Cluster Pertanian Desa Sejahtera Astra memanfaatkan kesempatan ini untuk memperkuat citra budaya Indonesia di kancah internasional. Selain itu, juga untuk mempromosikan produk-produk unggulan dari desa-desa binaan.

Selama pameran berlangsung, stan Indonesia berhasil menarik perhatian besar, baik dari pengunjung umum maupun potential buyers dari berbagai negara yang hadir.

Produk pertanian Indonesia seperti kopi dan vanili berhasil memikat banyak pelaku bisnis internasional. Selain itu, komoditas beras lokal yang dikenal dengan cita rasanya yang khas juga mendapatkan sambutan positif dari para pengunjung pameran.

Tidak hanya itu, kerajinan tangan seperti tas anyaman tradisional dan alat musik gendang juga menjadi magnet bagi para pengunjung.

Dr Handian Purwawangsa, Direktur PMA IPB University mengungkapkan antusiasmenya terhadap pencapaian tersebut. “Partisipasi ini tidak hanya memperkuat citra budaya Indonesia, tetapi juga membuka peluang bisnis yang signifikan, serta memperluas jaringan perdagangan dengan negara-negara ASEAN dan Cina,” tuturnya.

Melalui pameran ini, kesempatan bagi delegasi Indonesia untuk membangun jaringan yang lebih luas dengan negara-negara ASEAN dan Cina terbuka lebar. Potensi kerja sama yang muncul dari pertemuan dengan berbagai pelaku usaha menjadi langkah strategis bagi pengembangan desa-desa binaan di bawah Program Desa Sejahtera Astra.

“Kerja sama ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan akses pasar dan pemasaran yang lebih efektif,” ujar Dr Handian.

Keikutsertaan DPMA IPB University dan PT Astra International Tbk dalam CAEXPO 2024 mencerminkan komitmen untuk terus mendukung pengembangan ekonomi masyarakat desa melalui berbagai program pemberdayaan.

Partisipasi Indonesia dalam pameran ini tidak hanya memperkenalkan produk-produk unggulan, tetapi juga membawa pesan bahwa produk-produk dari desa memiliki daya saing yang kuat di kancah internasional. (*/Nr/Rz)