Himakua IPB University Undang Influencer Vina Muliana Berbagi Persiapan Karier dan Personal Branding
Himpunan Mahasiswa Akuakultur (Himakua), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University menyelenggarakan Aquaboost Volume 2 dengan mengundang influencer Vina Mauliana untuk berbagi kepada mahasiswa terkait persiapan karier dan personal branding.
Aquaboost Volume 2 diselenggarakan secara online melalui Zoom Meeting. Acara bertema “Career Preparation and Personal Branding for Professionals” ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pemuda tentang persiapan yang dibutuhkan dalam menghadapi dunia kerja, termasuk cara membangun personal branding yang baik.
Ketua Himakua IPB University, Alfiyanto Firdaus menyatakan, melalui program ini, diharapkan terjadi peningkatan kapasitas, khususnya dalam persiapan karier mahasiswa, khususnya mahasiswa di Departemen Budidaya Perairan.
“Persiapan karier harus menjadi perhatian sejak dini agar mahasiswa lebih siap menghadapi dunia kerja. Kami akan terus menyediakan wadah yang dibutuhkan untuk pengembangan diri mahasiswa melalui berbagai program, salah satunya Aquaboost yang telah sukses dilaksanakan” tutur Alfiyanto.
Sesi utama dibawakan oleh Vina Muliana, seorang profesional berpengalaman dalam pengembangan karier. Menurutnya, karier membutuhkan strategi yang matang untuk mencapai tujuan.
Vina menyampaikan pentingnya merencanakan karier sejak awal dengan mengenali diri sendiri, mengidentifikasi kelebihan, kekurangan, dan tujuan jangka panjang. Ia menyarankan agar individu mengenali jalur karier sesuai minat dan kemampuan, mengembangkan keterampilan relevan, serta mempersiapkan “senjata” karier seperti CV yang menarik dan kemampuan menghadapi wawancara.
Vina menjelaskan tiga elemen penting untuk meningkatkan peluang karier: dalami pengetahuan di bidang yang ingin ditekuni, kembangkan keterampilan praktis, dan bangun sikap profesional yang positif.
Selain itu, Vina juga menekankan pentingnya pengalaman praktis melalui magang, volunteering, atau proyek nyata. Ia menyarankan agar individu menambah keahlian dengan kursus atau sertifikasi di bidang terkait, dan menyoroti pentingnya jaringan, dengan mengatakan, “Your Network is Your Net Worth.”
Lebih lanjut, Vina menyebutkan bahwa personal branding tidak hanya soal karakter, tetapi juga mencakup representasi digital, termasuk profil LinkedIn yang lengkap dan CV yang kuat. “LinkedIn yang lengkap membuka peluang lebih besar di dunia kerja,” jelasnya.
Vina menyampaikan lima prinsip utama dalam membangun personal branding. Be Gravitational: menarik dengan energi positif, Be Brave: berani mengambil peluang, Be Authentic: setia pada diri sendiri, Be Substantive and Credible: jaga integritas, dan Be Consistent: bertindak konsisten untuk memperkuat citra.
“Karier bukanlah perjalanan singkat satu atau dua tahun, melainkan perjalanan panjang hingga 10-30 tahun ke depan. Jangan bandingkan diri dengan orang lain, bandingkan dengan diri sendiri di hari kemarin dan teruslah meningkatkan kapasitas diri setiap harinya,” tutup Vina Muliana. (*/Rz)