Himakua IPB University Sukses Gelar Aquafest 2024, Ajang Akuakultur Terbesar

Himakua IPB University Sukses Gelar Aquafest 2024, Ajang Akuakultur Terbesar

Himakua IPB University Sukses Gelar Aquafest 2024, Ajang Akuakultur Terbesar
Student Insight

Himpunan Mahasiswa Akuakultur (Himakua) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University sukses menggelar Aquaculture Festival (Aquafest) 2024. Rangkaian kegiatan Aquafest diawali dengan ‘Road to Aquafest’ yang telah digelar pada Mei 2024 lalu. Selanjutnya, ‘Main Event’ dilaksanakan belum lama ini.

Berbagai kegiatan turut dilaksanakan untuk menyemarakkan ‘Main Event’ Aquafest 2024. Kegiatan tersebut di antaranya adalah Seminar, Talkshow, National Discus Championship, Colouring and Crafting Competition, dan Aquafest Concert bertajuk ‘Under The Sea’.

Sesi seminar membahas tema yang aktual dalam dunia akademis dan industri. Dr Agus Oman Sudrajat, Wakil Dekan FPIK IPB University bidang Akademik dan Kemahasiswaan membahas materi ‘Competence gap between industry needs and college students’.

Dilanjutkan dengan perwakilan dari industri yaitu Rahasia Rommel Siregar ST (PT Grobest Indomakmur) yang membahas ‘Industry opportunities and skill development for future career in aquaculture’. Lalu Paulina Dessy Wulandari (PT Suri Tani Pemuka Japfa Aquaculture) membahas ‘Emerging industry trends, challenges, and future projections’.

Kolaborasi antara kampus, masyarakat, pemerintah, dan industri untuk mengembangkan sektor budi daya sangat diperlukan. Kegiatan Aquafest 2024 menjadi salah satu wadah untuk terbentuknya kerja sama tersebut.

Ir Nono Hartanto, Direktur Rumput Laut Direktorat Jenderal Perikanan Budi Daya (DJPB) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) turut hadir dalam acara tersebut. “Ini adalah kegiatan yang dapat meningkatkan kapabilitas serta kapasitas untuk menyiapkan diri terjun di dunia Akuakultur,” ujarnya.

Acara semakin menarik dengan gelaran sesi Talkshow yang membahas perawatan ikan hias. Kemudian, National Discus Championship yang diikuti oleh total 92 orang, dan Colouring and Crafting Competition yang diikuti oleh 69 anak dari berbagai sekolah. Konser meriah bertajuk ‘Under The Sea’ menutup rangkaian kegiatan Aquafest 2024. (*/Nr)