Delegasi IPB University Hadiri Workshop Internasional Micro-Credentials di Pattaya, Thailand

Delegasi IPB University Hadiri Workshop Internasional Micro-Credentials di Pattaya, Thailand

Delegasi IPB University Hadiri Workshop Internasional Micro-Credentials di Pattaya, Thailand
Berita

Delegasi dari IPB University menghadiri workshop internasional tentang mikrokredensial dengan tema ‘Developing Guidelines for Monitoring, Review, and Evaluation of Micro-Credentials’ di Pattaya, Chonburi, Thailand (14-15/10). Delegasi IPB University yang hadir dalam kegiatan ini adalah Prof Yusli Wardiatno (Wakil Dekan Sekolah Pascasarjana/SPs bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni) serta Dr I Putu Santikayasa, Ketua Program Studi Klimatologi Terapan SPs IPB University.

Workshop ini merupakan bagian dari Work Package 4 dari proyek Postgraduate Micro-Credentials in Food Security and Climate Change (PMC FSCC) dan dihadiri oleh universitas dari tiga negara ASEAN, yaitu dari Indonesia, diwakili IPB University, Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Brawijaya (UB). Dari Malaysia, diwakili Universiti Putra Malaysia dan Universiti Malaysia Sabah, serta dari Filipina diwakili Maejo University, Kasetsart University, University of the Philippines Los Banos, Visayas State University, dan Central Luzon State University.

Prof Yusli Wardiatno menyampaikan bahwa workshop ini bertujuan untuk mengembangkan mekanisme terstruktur dalam memantau, meninjau, dan mengevaluasi mikrokredensial di bidang keamanan pangan dan perubahan iklim, “Mikrokredensial ini sangat penting dalam meningkatkan fleksibilitas dan spesialisasi pembelajaran di pendidikan tinggi, dengan tetap sesuai dengan kebutuhan industri dan Masyarakat,” ujarnya.

Kegiatan ini juga bagian dari proyek Southeast Asian Regional Center for Graduate Study and Research in Agriculture (SEARCA). Karena itu, turut hadir Dr Maria Cristeta N. Cuaresma, Senior Program Head SEARCA serta Paula Grace M Muyco, Program Specialist, Education and Collective Learning Department SEARCA. Dalam pertemuan ini, para peserta sepakat untuk melanjutkan pertemuan berikutnya yang akan dilaksanakan di Kota Kinabalu, Malaysia pada tanggal 10-11 Desember 2024, guna menyempurnakan panduan serta memperkuat kerja sama di antara negara-negara ASEAN. (HBL/Rz)