Ajak Jaga Penyu Belimbing, Ekspedisi Himiteka IX Lakukan Sosialisasi di 3 SD Pulau Buru Ini

Ajak Jaga Penyu Belimbing, Ekspedisi Himiteka IX Lakukan Sosialisasi di 3 SD Pulau Buru Ini

Ajak Jaga Penyu Belimbing, Ekspedisi Himiteka IX Lakukan Sosialisasi di 3 SD Pulau Buru Ini
Student Insight

Sebagai upaya untuk menjaga penyu belimbing, Ekspedisi Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan (Himiteka) IPB University mengadakan Sosialisasi Penyu dan Sampah Ekspedisi Himiteka IX. Kegiatan ditujukan kepada para siswa di tiga sekolah dasar di Kecamatan Fena Leisela, Kabupaten Buru, Maluku (10-11/10).

Penyu belimbing, spesies penyu terbesar yang termasuk dalam status rentan (vulnerable) dalam IUCN Red List, menjadi fokus utama dalam kegiatan ini. Sosialisasi ini bertujuan untuk memperkenalkan penyu belimbing lebih jauh dan bahaya sampah yang dapat mengancam penyu belimbing.

Ketiga sekolah tersebut adalah SD Alhilaal Wamlana, SD Negeri 2 Fena Leisela, dan SD YPPK Waenibe. Kegiatan ini melibatkan total 80 murid dari ketiga sekolah yang terdiri dari murid kelas 4 dan 5 SD.

“Anak-anaknya sangat aktif dan mau ikut belajar. Mereka juga cepat menangkap materinya. Seru (mengajarnya), anak-anaknya lucu,” ungkap Gabrielle Angelina Salisha Gerungan.

Salah satu anggota tim Ekspedisi Himiteka IX itu mengungkapkan, “Semoga dengan sosialisasi ini mereka lebih sadar terhadap sampah dan juga bisa ikut menjaga penyu belimbing.”

Sosialisasi ini mengupas penyu belimbing yang dikenal masyarakat Buru sebagai ‘teteruga salawaku’. Penyu ini kerap bertelur di sepanjang pantai Wamlana, Waspait, dan Waenibe di Kecamatan Fena Leisela.

Tak hanya memberikan materi, sosialisasi tersebut juga mengajak murid-murid untuk menyalurkan kreativitas dengan mewarnai dan membuat poster yang berkaitan dengan penyu dan sampah. Tiap sekolah juga diberikan Modul Sosialisasi Penyu dan Sampah. Terkhusus untuk SD Alhilaal Wamlana, usai sosialisasi turut dilaksanakan coastal clean up bersama murid-murid.

Kepala SD Alhilaal Wamlana, Hawa Hentihu SPd, mengungkapkan sosialisasi tersebut sangat bermanfaat bagi para siswanya. “Sosialisasi ini sangat bermanfaat untuk anak-anak. Menyadarkan sedari dini untuk membuang sampah pada tempatnya dan memberi pengetahuan kepada anak-anak kalau keberadaan penyu sangat berguna untuk lingkungan dan laut,” tuturnya.

Sosialisasi Penyu dan Sampah Ekspedisi Himiteka IX merupakan salah satu rangkaian kegiatan Ekspedisi Himiteka IX yang dilaksanakan di Pulau Buru pada 21 September hingga 18 Oktober 2024.

Dengan tema ‘Penilaian Cepat Sebaran Penyu Belimbing dan Analisis Peluang Konservasi Berbasis Masyarakat Desa dalam Mendukung Penangkapan Ikan Terukur (PIT) di Pulau Buru’, ekspedisi ini berfokus pada kegiatan pengambilan data mengenai penyu belimbing yang diintegrasikan dengan penerapan keilmuan di Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB University.