Perkuat Kolaborasi, IPB University Menandatangani MoU dengan Empat Instansi Ini

Perkuat Kolaborasi, IPB University Menandatangani MoU dengan Empat Instansi Ini

Perkuat Kolaborasi, IPB University Menandatangani MoU dengan Empat Instansi Ini
Berita

IPB University menandatangani naskah kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) bersama empat instansi. Keempat instansi tersebut adalah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukamara Kalimantan Tengah, Pemkab Halmahera Selatan Maluku Utara, PT Sentul City dan Universitas Labuhanbatu (ULB).

Empat instansi ini berkomitmen melakukan MoU terkait tridarma perguruan tinggi meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Acara penandatanganan MoU dilakukan secara paralel dilakukan di Ruang Sidang Senat Akademik, Kampus IPB Dramaga (12/9).

Rektor IPB University sangat mengapresiasi terjalinnya kerja sama dengan empat instansi ini. Ia mengimbau agar para kepala daerah bisa mengunjungi Agribisnis Teknologi Park (ATP) yang merupakan contoh praktik pertanian modern dengan pemberdayaan masyarakat sekitar. “Melalui ATP, IPB University telah menyuplai komoditas sayuran segar ke 50 supermarket di ibu kota,” katanya.

Dengan PT Sentul City, Rektor berharap akan ada kampus IPB University di wilayah Sentul untuk program studi terkini.

Dalam sambutannya, Penjabat (Pj) Bupati Sukamara, Rendy Lesmana, SP, MM, CRBC menyampaikan keinginannya untuk membangun ketahanan pangan di wilayahnya, khususnya pengembangan potensi kelautan dan perikanan yaitu udang vaname.

“Kabupaten Sukamara merupakan lokasi program Shrimp Estate yang dicanangkan pemerintah sebagai wilayah pendukung dari Ibu Kota Nusantara (IKN),” ucapnya.

Sementara itu, hal serupa disampaikan oleh Bupati Halmahera Selatan, Hasan Ali Bassam Kasuba. Terkait kerja sama dengan IPB University ini, ia menyampaikan keinginannya untuk memajukan potensi agromaritim wilayahnya.

“Saya mengucapkan apresiasi dan terima kasih atas kesempatan kerja samanya di bidang tridarma, pendidikan, penelitian, dan pengabdian untuk pembangunan daerah. Kami sangat membutuhkan dukungan dan kerja sama dengan perguruan tinggi khususnya IPB University untuk mencapai Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2045 menjadikan Halmahera agromaritim yang maju,” Ucapnya

Dalam penandatanganan MoU IPB University dengan PT Sentul City, selain rencana pembangunan kampus, kerja sama juga terkait pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Direktur PT Sentul City, Budianto Andreas Nawawi menyampaikan bahwa pihaknya ingin terlibat dalam hal pembangunan manusia. “Generasi muda merupakan bagian integral kemajuan bangsa,” ucapnya.

Sementara itu, kerja sama IPB University dengan Universitas Labuhanbatu dalam hal agroteknologi kelapa sawit dan inovasi bisnis. (dh/Rz)