Galeri dan Rumah Kasim Arifin Resmi Berdiri

Galeri dan Rumah Kasim Arifin Resmi Berdiri

Galeri dan Rumah Kasim Arifin Resmi Berdiri
Berita

Berbicara mengenai Ir Kasim Arifin adalah berbicara mengenai kebaikan dan dedikasi terhadap pengembangan pertanian Indonesia, sekaligus mengenai keberhasilan IPB University mengirim mahasiswa terbaiknya untuk mendampingi sekelompok petani yang sedang dilanda putus asa.

Menurut Walneg S Jas, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Himpunan Alumni IPB, jejak emas lumbung pangan di Karawang dan Waimital hingga ke Langsa dan Banda Aceh adalah bagian dari jerih payahnya. Ir Kasim Arifin adalah seorang alumnus Fakultas Pertanian IPB University yang memegang teguh integritas dan kemanusiaan yang sangat pantas dan layak untuk dicontoh, dihargai maupun diingat.

“Berbelas tahun mengabdi di Gemba (Waimital), Ir Kasim Arifin sampai lupa akan dirinya sendiri. Demikian juga ketika mengabdi di Aceh, tidak terpikirkan untuk memiliki sebuah rumah untuk dirinya sendiri,” ujar Walneg S Jas.

Berdasarkan hal tersebut, untuk mewujudkan rumah Kasim Arifin, Himpunan Alumni (HA) IPB University berinisiatif untuk membuat ‘Gerakan Berbagi untuk Ir Kasim Arifin’. Inisiasi tersebut dilakukan dengan membangun sebuah rumah tinggal plus galeri Kasim Arifin di atas lahan keluarga Kasim Arifin di Banda Aceh, yang penggalangan dananya dilakukan secara daring dan luring.

Abdul Syakur, Ketua HA IPB Provinsi Aceh menjelaskan bahwa gerakan ini dimulai pada tahun 2021 dan telah terkumpul donasi sebanyak Rp326.935.729 yang terkumpul dari sponsor dan lebih dari 130 donatur.

Nelly Oswini selaku ketua penghimpunan dana yang ditunjuk oleh HA IPB University menjelaskan bahwa rumah Kasim Arifin yang dibangun seluas 300 meter, di atas lahan 400 meter, terdiri dari 4 kamar dan 1 ruangan untuk galeri Kasim Arifin.

Peresmian Galeri dan Rumah Kasim Arifin dilakukan pada Sabtu (31/8) lalu di Banda Aceh. Hadir pada acara peresmian, antara lain Wakil Rektor 1 Universitas Syiah Kuala (USK), Dekan Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala, Sekretaris Jenderal DPP HA IPB, Direktur Pengembangan Karier, Kewirausahaan dan Hubungan Alumni IPB, Wakil Dekan Fakultas Pertanian IPB University bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Pengembangan, Ketua Yayasan Peduli IPB (YAPI), Presiden Direktur Koperasi BMI Group, serta para alumni dari DPD HA IPB Aceh.

“Terima kasih yang sangat tulus kepada seluruh donator, alumni dan Himpunan Alumni IPB yang telah dengan sepenuh hati mendukung pembangunan serta peresmian Galeri dan Rumah Kasim Arifin (GRKA). Semoga semua amal baik ini dicatat sebagai amal jariyah yang pahalanya tidak henti mengalir sampai akhir hayat. Semoga keluarga Kasim Arifin juga mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya atas pembangunan GRKA ini. Aamiin,” ucap Dr Syarifah Iis Aisyah, Wakil Dekan Fakultas Pertanian IPB University bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Pengembangan. (*/Rz)