FPDC 2024 Sukses Digelar Himitepa IPB University, Kolaborasi dengan Food Ingredients Asia Tarik Banyak Atensi

FPDC 2024 Sukses Digelar Himitepa IPB University, Kolaborasi dengan Food Ingredients Asia Tarik Banyak Atensi

FPDC 2024 Sukses Digelar Himitepa IPB University, Kolaborasi dengan Food Ingredients Asia Tarik Banyak Atensi
Student Insight

Food Product Development Competition (FPDC) 2024 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan (Himitepa) IPB University sukses digelar di Jakarta International Expo, Indonesia. Tahun ini, FPDC secara langsung berkolaborasi dengan Food Ingredients Asia (FI Asia) dan turut mengundang banyak khalayak umum hingga mancanegara untuk berkunjung.

Dengan tema ‘Applying Food Science and Technology in Developing Traditional Market Snack and Beverages to Improve Health Benefit for Teens, Adults, and Seniors”, FPDC mampu menghadirkan berbagai inovasi makanan dan minuman tradisional melalui partisipannya.

Seluruh rangkaian FPDC 2024 dimulai sejak 20 Juni 2024, dibuka dengan pendaftaran kompetisi abstrak dan e-poster. Para peserta berlaga dan berkompetisi secara daring untuk melewati rangkaian seleksi abstrak, pengumpulan full paper, hingga seleksi e-poster, dan berakhir pada grand final dengan tiga bidang, yaitu presentasi, product display, dan e-poster.

“Kami menyambut Anda untuk menciptakan inovasi makanan di bidang camilan dan minuman tradisional,” sambut Dr Dian Herawati selaku Sekretaris Pusat Pengembangan Ilmu dan Teknologi Pertanian dan Pangan Asia Tenggara (Seafast) Center IPB University kepada seluruh peserta grand final.

Kompetisi pengembangan pangan tingkat internasional ini, akhirnya melahirkan sang juara saat prosesi awarding di Jakarta Room, Hall C, Jakarta International Expo. Dalam hal ini, empat juri menilai performa seluruh peserta saat presentasi, di antaranya Dr Robi Andoyo, Asst Prof Pisit Dhamvithee, Mohamad Rajih Radiansyah, BAS, MSc, dan Nurdiansyah Yusup. Adapun dalam sesi product display, Dr Rizki Maryam Astuti bersama Assoc Prof Yuthana Phimolsiripol menilai dan menjadi juri saat sesi tersebut berlangsung.

Dalam bidang e-poster, Unsa Kamila dari IPB University berhasil meraih juara pertama, sedangkan, bidang product display berhasil dijuarai oleh tim Cynosure sebagai runner-up dan tim NoAiNa sebagai best product display. Keduanya merupakan tim yang berasal dari IPB University dan berhasil menorehkan prestasi terbaiknya.

Tak berhenti di situ saja, tim Calico Crew dari IPB University berhasil meraih gelar 2nd runner-up of FPDC 2024 yang disusul oleh tim Manise dari Bina Nusantara University sebagai 1st runner-up.

Dalam perlombaan yang sengit ini, tim yang berasal dari Kasetsart University, Thailand, berhasil keluar sebagai juara utama dari FPDC 2024 dengan produk Beat Gummy.