Delegasi Sekolah Pascasarjana IPB University Hadiri UC Faculty Forum di Universiti Putra Malaysia

Delegasi Sekolah Pascasarjana IPB University Hadiri UC Faculty Forum di Universiti Putra Malaysia

Delegasi Sekolah Pascasarjana IPB University Hadiri UC Faculty Forum di Universiti Putra Malaysia
Berita

Delegasi Sekolah Pascasarjana (SPs) IPB University menghadiri University Consortium (UC) Faculty Forum yang diselenggarakan Universiti Putra Malaysia (UPM). Kegiatan yang diprakarsai The Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) Southeast Asian Regional Center for Graduate Study and Research in Agriculture (SEARCA) ini mengangkat tema ‘Resilience and Adaptation towards Innovation in Climate Crisis’.

Delegasi SPs IPB University yang hadir dalam kegiatan ini adalah Prof Titi Candra Sunarti, Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Pengembangan. Ia juga didampingi oleh Prof Agus Buono, Dekan Sekolah Sains Data, Matematika dan Informatika.

Dilansir dari laman resmi searca.org, UC Faculty Forum merupakan konsorsium beberapa universitas di Asia Tenggara untuk pendidikan pascasarjana di bidang pertanian dan sumber daya alam. Forum itu didirikan pada tahun 1989 untuk berbagi keahlian dan sumber daya akademik.

Peserta yang hadir dalam kegiatan ini berasal dari IPB University, UGM, Universitas Brawijaya, Universitas Putra Malaysia, Kasetsart University, Chiang Mai University, University of Philipine Los Banos, Central Luzon State University, Visayas State University, Central Mindanao-State University, Tokyo University of Agriculture, National Taiwan University, dan University of British Columbia-Canada.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyediakan platform bagi anggota UC yang memiliki keahlian di bidang terkait serta berbagi pengetahuan. Forum ini juga menyoroti isu-isu, teknologi, upaya, keberhasilan, dan juga inisiatif yang diambil untuk memastikan keberlanjutan pertanian di negara-negara kawasan, khususnya di Asia Tenggara, melalui presentasi hasil penelitian

“Selain itu, tujuan lainnya untuk membentuk lebih banyak jaringan kerja sama internasional antar spesialis di bidang terkait sekaligus membuka peluang partisipasi dalam bidang belajar mengajar, penelitian, dan publikasi antar anggota UC,” ujarnya.

Delegasi dari IPB University menyampaikan presentasi pada sesi 3 dengan tema ‘Smart Agriculture and Precision Farming for Resilience and Sustainable Development’. Prof Agus Buono memaparkan penelitian dengan judul ‘Developing Complex-Bidimensional Empirical Mode Decomposition for Texture Extraction in Diagnosis of Huanglongbing Citrus Plant Diseases. Adapun presentasi Prof Titi Candra Sunarti berjudul ‘Development of Smart Paper with Natural Colorant as Colorimetric Biosensor for Chemicals Detection in Food Products’. (HBL/Rz)