Awardee LPDP Sekolah Pascasarjana IPB University Adakan Seminar Kesehatan Mental

Awardee LPDP Sekolah Pascasarjana IPB University Adakan Seminar Kesehatan Mental

Awardee LPDP Sekolah Pascasarjana IPB University Adakan Seminar Kesehatan Mental
Berita

Awardee Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Sekolah Pascasarjana (SPs) IPB University atau yang biasa disebut Kelurahan LPDP IPB 11.0 mengadakan kegiatan Welcoming Awardee dan Seminar Kesehatan Mental dengan tema ‘Get Ready for Post Grad Life: Unleash Your Potential with Healthy Mind and Soul’.

Kegiatan bertempat di Auditorium Andi Hakim Nasution, Kampus IPB Dramaga (24/8). Dalam kegiatan ini juga diisi dengan peringatan hari ulang tahun ke-11 Kelurahan LPDP SPs IPB University.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyambut penerima beasiswa (awardee) LPDP yang memulai perkuliahan semester gasal tahun akademik 2024/2025 dan memberikan pengetahuan tentang pentingnya menjaga kesehatan mental selama studi di SPs IPB University. Kegiatan diikuti sebanyak 178 awardee, yang terdiri dari awardee baru maupun awardee dari berbagai angkatan dari lintas program studi magister maupun doktoral.

Prof Deni Noviana, Wakil Rektor bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB University, menyampaikan bahwa perjalanan akademik yang akan ditempuh para awardee di SPs IPB University tidak terbatas dalam gelar yang akan diperoleh, melainkan pencapaian besar lainnya, seperti pengembangan soft skill untuk menjadi insan yang bermanfaat.

“Pengembangan skill ini agar kalian dapat survive dan menjadi pemimpin perubahan dengan memperkuat karakter, memperkuat integritas, menjadi pembelajar sejati dengan growth mindset, fokus pada future practice dan memperkuat techno-sociopreneurship yang menjadi visi dari IPB University,” ujarnya dalam keterangan terpisah.

Prof Yusli Wardiatno Wakil Dekan SPs IPB University bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni menambahkan bahwa awardee dapat terus maju dan beradaptasi dengan tantangan akademik. Baginya, melanjutkan studi ke pendidikan yang lebih tinggi adalah usaha yang baik untuk mempersiapkan masa depan.

“Harapan kami, para awardee ini dapat menyelesaikan studinya tepat waktu. Selain itu, dapat aktif berkontribusi dalam kegiatan akademik maupun non-akademik dengan berpegang teguh pada integritas dan etika,” tambahnya.

Dodi Fanhalen Siregar, SSi Wakil Koordinator Awardee LPDP IPB 11.0, menyampaikan bahwa Kelurahan LPDP SPs IPB University ini hadir untuk membantu para awardee apabila memiliki masalah baik terkait akademik ataupun non-akademik.

“Adanya peningkatan jumlah awardee LPDP di IPB University ini, tentunya dapat memberikan berkontribusi kepada negara Indonesia setelah nanti dapat menyelesaikan studinya,” imbuhnya.

Kegiatan selanjutnya diisi dengan pemaparan materi Gendro Hartono, SE, MM, Ketua Divisi Pelayanan Beasiswa LPDP dengan memberikan dorongan kepada para awardee untuk memaksimalkan potensi mereka melalui pendidikan yang mereka terima.

“Kami menegaskan bahwa para awardee ini memiliki tanggung jawab sebagai penerima beasiswa, yaitu dapat lulus tepat waktu dan dapat menjaga kesehatan mental serta mengelola keuangan dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, narasumber seminar Annisa Dwi Astuti, MPsi, Psikolog dari Adult Clinical Psychologist membahas pentingnya menjaga kesehatan mental. Ia mengurai, sumber-sumber stres yang dapat dialami oleh mahasiswa dapat berasal dari diri sendiri, orang lain, lingkungan, maupun teknologi digital.

“Untuk tips merawat kesehatan mental mahasiswa di antaranya find your why, menerapkan teknik mindful, dan melakukan aktivitas merawat diri (self-care),” ujarnya. (HBL/Rz)