Wisuda 880 Lulusan, Rektor IPB University Kenalkan Program Mikrokredensial untuk Hadapi Masa Depan

Wisuda 880 Lulusan, Rektor IPB University Kenalkan Program Mikrokredensial untuk Hadapi Masa Depan

Wisuda 880 Lulusan, Rektor IPB University Kenalkan Program Mikrokredensial untuk Hadapi Masa Depan
Berita

IPB University kembali menyelenggarakan acara wisuda yang diikuti oleh 800 wisudawan, terdiri dari 17 lulusan program pendidikan doktor, 99 lulusan program pendidikan magister, 664 lulusan pendidikan sarjana, dan 20 lulusan pendidikan diploma III tahun akademik 2024/2025. Acara ini dilaksanakan di Gedung Grha Widya Wisuda, Kampus IPB Dramaga, pada Rabu (14/8).

Rektor IPB University, Prof Arif Satria, mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang telah selesai menempuh pendidikan di IPB University. Dalam sambutannya ia juga menyampaikan sejumlah pesan dalam menghadapi perubahan.

“Kami ingin alumni IPB University adalah alumni yang tidak hanya mampu memimpin diri sendiri, memimpin orang lain, tetapi juga mampu memimpin perubahan dan juga mampu memimpin masa depan,” ucap Prof Arif.

“Reskilling needs merupakan skill yang kita miliki saat ini, tetapi dalam lima tahun ke depan 60 persen skill tersebut tidak akan relevan lagi. Oleh karena itu, kemampuan kita sebagai seorang pembelajar menjadi penting untuk melakukan reskilling dan upskilling,” tambahnya.

Lanjut Prof Arif, IPB University telah mengembangkan mikrokredensial, sebuah sertifikat kompetensi yang dapat digunakan untuk keperluan reskilling skill. Program ini hadir untuk menambah keterampilan mahasiswa dan lulusan sekaligus sebagai bukti tambahan atas keterampilan praktis.

Prof Arif menjelaskan, “Kami sudah menyiapkan 17.000 akun user mikrokredensial untuk mahasiswa sarjana dan diploma. Program ini dapat memberikan nilai tambah kepada para lulusan IPB University dengan 21.500 course mikrokredensial yang tersedia di LinkedIn Learning, Coursera, dan Udemy.”

“Saya berharap kalian akan menjadi alumni yang terus saling membesarkan dan memperkuat almamater dan selamat bergabung di Himpunan Alumni (HA) IPB University,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengawas Dewan Pimpinan Pusat (DPP) HA IPB University, Ir Raden Fathan Kamil, menyampaikan selamat dan sukses kepada para wisudawan. Ia menyambut wisudawan yang sudah resmi menjadi anggota HA IPB University.

“IPB University telah menanamkan kepada kita semua seperti ilmu, kecakapan dalam bertindak, berprinsip teguh, dan berintegritas. Tentu ini menjadi bekal yang penting sesuai pesan penting yang Prof Arif Satria sampaikan sebelumnya,” ujarnya.

“HA Alumni IPB University saat ini terus bekerja dan mengajak kita semua, membersamai almamater tercinta dan membangun komitmen dan dedikasi tersebut,” tutupnya. (*/Lp)