Tingkatkan Potensi Wisata Ciwaru, Mahasiswa IPB University Rancang Video Profil dan Peta Interpretasi Wisata

Tingkatkan Potensi Wisata Ciwaru, Mahasiswa IPB University Rancang Video Profil dan Peta Interpretasi Wisata

Tingkatkan Potensi Wisata Ciwaru, Mahasiswa IPB University Rancang Video Profil dan Peta Interpretasi Wisata
Student Insight

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi IPB University Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat melaksanakan program pembuatan video profil Desa Ciwaru.

Pembuatan video profil ini bertujuan memperlihatkan kepada khalayak umum terkait profil dan pengenalan desa yang meliputi kondisi geografis, aspek kependudukan, aspek sosial ekonomi budaya, serta aspek kependudukan. Video profil nantinya akan diunggah di berbagai platform digital seperti TikTok, YouTube, dan Instagram.

Dalam pembuatan video profil, turut serta partisipasi dari Kepala Desa, Kepala Dusun, serta masyarakat sekitar Desa Ciwaru.

Menurut Sekretaris Desa Ciwaru, Risna Kurniadi, Desa Ciwaru memiliki potensi yang sangat beragam. Mulai dari sektor pertanian, perikanan/kelautan, dan pariwisata. Ketiga sektor tersebut, kata dia, harus dikembangkan sekaligus dipromosikan untuk menunjang kesejahteraan masyarakat yang terlibat di dalamnya.

“Desa sebenarnya juga memiliki tujuan sekaligus dituntut untuk memiliki video profil desa yang berisi terkait potensi-potensi yang terdapat di dalamnya. Oleh karena itu, program kerja video profil desa dari mahasiswa KKNT Inovasi IPB University ini sangat relevan dengan salah satu tujuan Desa Ciwaru,” tuturnya.

Karena itu, ia mengatakan, pihaknya akan turut membantu mahasiswa IPB University dalam proses pembuatannya, baik dari segi sarana maupun prasarana.

Sofian Annas, salah satu mahasiswa KKNT Inovasi IPB University mengatakan, ia dantim juga melakukan pemasangan papan peta interpretasi wisata Desa Ciwaru di area Pantai Palangpang. Papan peta ini memberikan informasi mengenai lokasi wisata utama di Desa Ciwaru, yakni Curug Sodong, Curug Cikanteh dan Pantai Palangpang.

“Informasi pada papan peta dilengkapi dengan barcode yang dapat dipindai untuk mendapatkan detail lebih lanjut tentang tiga lokasi wisata tersebut, serta peta arah menuju tempat wisata tersebut,” jelasnya.

Ia mengatakan, pembuatan papan interpretasi wisata ini sangat didukung dan dibantu oleh perangkat desa, pengelola objek wisata dan masyarakat sekitar. Kedua program kerja ini bertujuan untuk meningkatkan visibilitas dan daya tarik wisata Desa Ciwaru melalui optimalisasi informasi digital.

“Kami berharap dengan adanya video profil dan papan peta interpretasi, wisatawan akan lebih mudah mengakses informasi terkait potensi wisata di Desa Ciwaru, yang pada akhirnya dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dan perekonomian lokal,” tandasnya. (*/Rz)