Tingkatkan Kapasitas Kader Posyandu, Mahasiswa IPB University Gelar Lomba Cerdas Cermat Se-Kecamatan Karangtengah

Tingkatkan Kapasitas Kader Posyandu, Mahasiswa IPB University Gelar Lomba Cerdas Cermat Se-Kecamatan Karangtengah

Tingkatkan Kapasitas Kader Posyandu, Mahasiswa IPB University Gelar Lomba Cerdas Cermat Se-Kecamatan Karangtengah
Student Insight

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi IPB University menggelar Lomba Cerdas Cermat antar Kader Posyandu di Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah (2/8). Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Desa Ngambarsari ini diikuti oleh 42 peserta yang terbagi menjadi beberapa tim. Mereka berasal dari lima desa di Kecamatan Karangtengah, yakni Desa Ngambarsari, Karangtengah, Purwoharjo, Jeblogan, dan Temboro.

Mengusung judul ‘Sebari’ atau Sehat Bersama Ngambarsari, lomba ini diikuti dengan antusiasme yang tinggi, serta mencerminkan semangat belajar dari para kader posyandu.

“Kegiatan yang digelar bukan hanya sekadar perlombaan intelektual biasa, tetapi juga merupakan sebuah upaya nyata untuk meningkatkan kapasitas kader posyandu dalam melayani masyarakat, serta memperkuat pengetahuan para kader tentang pelayanan prima bidang kesehatan di tingkat desa, edukasi gizi seimbang, serta implementasi pada kehidupan sehari-hari,” kata Miksalmina Fitri, salah satu mahasiswa KKNT Inovasi.

Program ini dilaksanakan oleh tim KKNT Inovasi IPB University di Desa Ngambarsari sebagai bagian dari program pengabdian masyarakat. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan pembinaan kepada ibu-ibu kader posyandu, yang merupakan ujung tombak dalam pelayanan kesehatan dasar di tingkat desa.

“Saat akses terhadap informasi kesehatan dan gizi masih terbatas, kader posyandu memiliki peran vital untuk mendidik dan memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya ibu dan anak,” tuturnya.

Program ini diinisiasi dengan keyakinan bahwa peningkatan kapasitas kader posyandu akan berdampak langsung pada peningkatan taraf kesehatan masyarakat di Kecamatan Karangtengah. Lomba yang dilaksanakan mengadopsi format yang menantang namun menarik. Peserta harus menjawab berbagai pertanyaan yang mencakup topik-topik penting seperti posyandu, pangan dan gizi, penggunaan bahan herbal, serta pengetahuan mendalam tentang ideologi Pancasila.

Saat membuka secara resmi, Dosen Pembimbing Lapang KKNT Inovasi IPB University Desa Ngambarsari, Dr Ninuk Purnaningsih menuturkan, lomba cerdas cermat SEBARI 2024 bukan hanya untuk menentukan pemenang. Lebih dari itu, kegiatan ini sebagai sarana edukasi dan pemberdayaan bagi kader posyandu.

“Lomba Cerdas Cermat yang dibawakan oleh tim KKNT Inovasi hari ini adalah salah satu bentuk upaya untuk mengedukasi ibu-ibu kader posyandu, khususnya di Kecamatan Karangtengah agar dapat meningkatkan kompetensi di bidang kesehatan serta dalam melayani masyarakat,” ujar Dr Ninuk dalam sambutannya, di Balai Desa Ngambarsari, Wonogiri, Jumat (2/8).

Selain itu, lomba ini juga menjadi ajang untuk mempererat hubungan antara desa-desa di Kecamatan Karangtengah. Dengan adanya kompetisi yang sehat, diharapkan dapat tercipta sinergi yang lebih kuat dalam upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat. (*/Rz)