Tim PPK Ormawa Himasilkan IPB University Gelar Pelatihan Pemasaran Digital untuk Perluas Potensi Pasar

Tim PPK Ormawa Himasilkan IPB University Gelar Pelatihan Pemasaran Digital untuk Perluas Potensi Pasar

Tim PPK Ormawa Himasilkan IPB University Gelar Pelatihan Pemasaran Digital untuk Perluas Potensi Pasar
Student Insight

Himpunan Mahasiswa Departemen Teknologi Hasil Perairan (Himasilkan), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University mengadakan pelatihan pemasaran produk bagi Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Mekarsari, Bogor, Jawa Barat (29/7). Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) IPB University.

Aisyah, anggota Himasilkan IPB University menjelaskan, pelatihan pemasaran produk diikuti oleh KWT dan anggota pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (PKK). Ia menyebut, pemasaran produk merupakan tindakan mengenalkan produk yang melibatkan perencanaan dan strategi yang tepat hingga sampai ke konsumen. Oleh karena itu, katanya, salah satunya berupa kegiatan promosi dan analisis segmentation targeting positioning (STP).

Mahasiswa IPB University itu menjelaskan, analisis STP merupakan strategi pemasaran yang digunakan untuk menganalisis pasar. Analisis tersebut mengelompokkan konsumen berdasarkan karakteristik perilaku mereka, serta merencanakan, mengumpulkan, dan mengolah data.

“Analisis STP perlu diterapkan untuk memfokuskan target pemasaran produk sehingga sesuai dengan kebutuhan konsumen,” ungkap Aisyah.

Ia berharap, pelatihan pemasaran produk ini dapat memberikan manfaat dan pengetahuan tentang pentingnya promosi dan analisis pasar. Dengan demikian, produk yang dijual tepat sasaran pada konsumen.

Novita selaku anggota KWT menyampaikan, “Produk yang dipromosikan di pasaran terkadang rasanya kurang, tapi karena video promosi menarik jadi banyak yang beli.”