Sumbangsih Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University, Desain Kawasan Pantai Desa Laran

Sumbangsih Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University, Desain Kawasan Pantai Desa Laran

Sumbangsih Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University, Desain Kawasan Pantai Desa Laran
Student Insight

Selama program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi, mahasiswa IPB University telah melaksanakan serangkaian kegiatan pendesainan kawasan pantai di Desa Leran, Kabupaten Rembang, Jawa Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan potensi wisata pantai desa tersebut, sekaligus memberikan kontribusi nyata mahasiswa dalam upaya pelestarian lingkungan dan peningkatan ekonomi lokal.

“Desa Laran memiliki potensi pantai yang belum dimanfaatkan secara optimal. Dengan adanya program ini, mahasiswa IPB University berinisiatif untuk mendesain kawasan pantai yang ramah lingkungan dan berkelanjutan,” ungkap Gilang Daksana, perwakilan tim KKNT Inovasi.

Kegiatan ini, lanjut dia, juga diharapkan dapat menjadi stimulus bagi masyarakat setempat dalam mengelola dan menjaga potensi alam yang dimiliki.

Hasil desain kawasan pantai dipresentasikan kepada perangkat desa, masyarakat, serta tokoh tokoh setempat di Balai Desa Laran. Presentasi ini bertujuan untuk memperkenalkan desain kawasan pantai yang telah disusun serta menjelaskan rencana implementasi dan manfaat yang diharapkan.

“Kegiatan pendesainan kawasan pantai di Desa Leran ini merupakan salah satu bentuk pengabdian mahasiswa IPB University kepada masyarakat. Diharapkan, desain yang telah disusun dapat menjadi acuan bagi pengembangan kawasan pantai yang berkelanjutan dan memberikan manfaat jangka panjang bagi Desa Leran dan sekitarnya,” pungkasnya. (*/Rz)