Student Day 2024: IPB University Dorong Pemanfaatan AI Pada Studi Mahasiswa Pascasarjana

Student Day 2024: IPB University Dorong Pemanfaatan AI Pada Studi Mahasiswa Pascasarjana

Student Day 2024 IPB University Dorong Pemanfaatan AI Pada Studi Mahasiswa Pascasarjana
Student Insight

Forum Mahasiswa Pascasarjana atau Forum Wacana (FW) IPB University melalui Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) bekerja sama dengan Departemen Public Relation (PR) adakan kegiatan Student Day 2024 pada 10/8 di Gedung Auditorium Andi Hakim Nasoetion, Kampus IPB Dramaga, Bogor.

Kegiatan dengan tema ‘Implementasi Artificial Intelligence (AI) dalam Studi Pascasarjana di Era Teknologi Informasi’ bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa baru pascasarjana pada lingkungan akademik kampus dan pentingnya AI dalam menjalankan studi bagi mahasiswa.

Dalam kesempatan itu, Rektor IPB University, Prof Arif Satria memotivasi mahasiswa agar mengubah cara pandang dan cara berpikir yang harus terus tumbuh. Ia juga menyakinkan para mahasiswa agar mampu meningkatkan kapasitas diri.

“Modal kemajuan tergantung pada mindset untuk melangkah lebih jauh. Orang yg mempunyai growth mindset akan terus belajar karena dia akan mengubah kemampuan dan kebiasaan diri. Kalian harus mencintai ilmu yang diajarkan karena orang sukses bisa mengalahkan orang berbakat yang mempunyai kegigihan yang kuat,” ujar Prof Arif.

Anies Rasyid Baswedan, Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022, yang hadir secara virtual mengatakan bahwa tema Student Day 2024 sangat menarik karena kemajuan di bidang AI telah membawa perubahan yang signifikan, termasuk di bidang pendidikan.

“Saya yakin SPs IPB University mampu mengubah pemanfaatan AI sebagai kesempatan untuk meningkatkan kapasitas dosen dan mahasiswa, sehingga bisa melengkapi peran dalam memajukan ilmu pengetahuan,” tutupnya.

Deli Wakano, Ketua Umum FW IPB University mengatakan, mahasiswa pascasarjana akan dihadapkan dengan tantangan kompleks. Karena itu, segala bentuk dukungan penting sehingga bisa mewujudkan kegiatan akademik yang baik. “Selain membuka jejaring, kegiatan ini diadakan sebagai forum diskusi untuk memperluas wawasan dan memberikan manfaat lebih ke depannya,” ungkap Deli

Sementara, drh Sukma Kamajaya, Sekretaris Jenderal Himpunan Alumni (HA) IPB University menyambut mahasiswa baru Sekolah Pascasarjana (SPS). Ia berpesan, “Inovasi adalah salah satu nilai yg digaungkan oleh IPB University sehingga kita harus bisa menginspirasi teman-teman sekitar dan membuat terobosan baru.”

“Kita juga harus bertindak sesuai dengan nilai integritas yang dimiliki oleh IPB University,” ujarnya lagi.

Prof Deni Noviana, Wakil Rektor IPB University bidang Akademik dan Kemahasiswaan menambahkan, “Kegiatan Student Day 2024 bertujuan memberikan motivasi dan membantu mahasiswa untuk menjadi pribadi yang mandiri dan disiplin. Kegiatan ini juga dapat menjadi wadah efektif untuk membangun jejaring yang kuat dalam mencapai keberhasilan,” ucapnya.

Hadir selaku Keynote Speaker, Ir Totok Amin Soefijanto yang merupakan Rektor Akademi Televisi Indonesia yang berpesan bahwa implementasi AI dalam studi pascasarjana di era teknologi informasi perlu dijadikan sebagai langkah awal pengabdian yang lebih besar lagi.

“Kita berselancar di gelombang bonus demografi yang akan segera berakhir. Kita harus secepatnya berbenah, terutama teman-teman yang saat ini belajar di pascasarjana. Mahasiswa pascasarjana hendaknya menjadi motor produksi atau kreasi dari generasinya, sehingga bangsa kita tidak terjebak pada mode konsumsi,” imbuhnya.

Hadir pula sebagai narasumber, Guru Besar Program Studi Statistika dan Sains Data IPB University, Prof Khairil Anwar Notodiputro. Ia menjelaskan bahwa AI adalah paradigma yang bertujuan untuk menirukan kecerdasan manusia melalui pendekatan komputasi sehingga memungkinkan mesin bisa belajar pengalaman dan bisa melaksanakan tugas yang biasanya dikerjakan oleh manusia.

“AI semakin penting dalam penulisan akademik, yang merupakan komponen esensial dari penelitian dan ditandai dengan ekspresi ide yang terstruktur, argumen berbasis data, dan penalaran logis,” jelasnya. (Lp/Rz)