Startup Binaan IPB University, Nexplus Luncurkan Board Game ‘Catatan Cuan’

Startup Binaan IPB University, Nexplus Luncurkan Board Game ‘Catatan Cuan’

Startup Binaan IPB University, Nexplus Luncurkan Board Game ‘Catatan Cuan’
Berita

Salah satu startup dan tenant Sains Techno Park (STP) IPB University, Nexplus, berhasil meluncurkan aplikasi permainan bernama Catatan Cuan, (27/7). Nexplus merupakan tenant inwall dan startup program Peningkatan Kapasitas Startup kerja sama Lembaga Kawasan Sains dan Teknologi (LKST) IPB University.

“Catatan Cuan menjadi salah satu tools dalam mempelajari manajemen keuangan startup secara menyenangkan, dan diharapkan dapat membantu wirausahawan dalam mengelola keuangan usaha masing-masing,” ucap Prof Rokhani Hasbullah, Wakil Kepala LKST IPB University.

Prof Rokhani menjelaskan, salah satu fungsi LKST IPB University adalah berperan sebagai inkubator bisnis. Ia menerangkan, LSKT IPB University memiliki program inkubasi bisnis bagi beragam startup di bidang agribisnis, teknologi informasi, industri kreatif, pangan, maupun industri lainnya.

Founder sekaligus CEO Nexplus, M Fahmi Fauzi menyampaikan dalam game Catatan Cuan, para pemain berperan sebagai pengelola perusahaan ekspor yang saling bersaing untuk menjadi perusahaan paling sukses. “Pemain akan mengatur pekerja (SDM) serta uangnya untuk belanja, mengemas, mencari investasi, merekrut pekerja, hingga mengirimkan barangnya melalui pelabuhan,” katanya.

Fahmi menerangkan, perusahaan dengan uang kas paling banyak di akhir permainan akan keluar sebagai pemenang. Ia menyebut, game Catatan Cuan hadir untuk membantu masyarakat melalui simulasi kepemilikan perusahaan.

Dalam sesi sharing, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) M Neil El Himam, menjelaskan bahwa ekonomi kreatif adalah perwujudan nilai tambah dari kekayaan intelektual. Sumber kekayaan intelektual ini dapat berasal dari kreativitas manusia yang berbasis warisan budaya, ilmu pengetahuan dan atau teknologi.

“Catatan Cuan termasuk dalam 17 sub sektor ekonomi kreatif yang menjadi solusi kreatif dalam permasalahan financial. Catatan Cuan harus berbasis kekayaan intelektual baik dari segi hak atas merek maupun design,” lanjut Neil.

Sementara itu, Asisten Deputi Pengembangan Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM), Christina Agustin, menyampaikan bahwa pihaknya mendukung program inkubator bisnis yang menjadi salah satu tools untuk meningkatkan kapasitas dan pengembangan startup di Indonesia. Ia menjelaskan, dampak yang diharapkan dari program inkubasi bisnis yaitu dapat menumbuhkan ekonomi baru dengan melibatkan inovasi dan teknologi dan mampu mendorong pemuda-pemudi Indonesia untuk berkreasi dalam mengembangkan usaha.

Christina menambahkan bahwa hal mendasar dalam mengelola usaha adalah bagaimana mengelola keuangan yang efisien dan tepat. “Oleh karena itu Boardgame Catatan Cuan menjadi salah satu solusi dalam pembelajaran manajemen keuangan oleh startup,” tutup Christina.

Launching and Play Session Catatan Cuan dihadiri oleh pelaku usaha Kota Bogor dan sekitarnya, startup, dan penggerak ekonomi kreatif lainnya. (stpipb/ra/Rz)