Semangat Kebersamaan Warnai Peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia di IPB University

Semangat Kebersamaan Warnai Peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia di IPB University

Semangat Kebersamaan Warnai Peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia di IPB University
Berita

IPB University mengadakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia pada Sabtu (17/8) di Lapangan Rektorat, Kampus IPB Dramaga. Upacara diikuti oleh warga IPB University mulai dari para pimpinan organ (Majelis Wali Amanat, Senat Akademik, Dewan Guru Besar, dan Wakil Rektor), jajaran pimpinan lainnya, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dan Agrianita.

Wakil Rektor IPB University bidang Resiliensi, Sumberdaya dan Infrastruktur, Dr Alim Setiawan dalam kesempatan itu mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berkontribusi dalam pembangunan bangsa.

“Atas nama pimpinan dan seluruh warga IPB University, kami mengucapkan selamat ulang tahun Republik Indonesia yang ke-79. IPB University berkomitmen meningkatkan kualitas pendidikan tinggi untuk bisa menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk mengisi ‘Nusantara Baru Indonesia Maju’,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga membacakan naskah pidato Hari Kemerdekaan ke-79 RI dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek), Nadiem Anwar Makarim.

“Kemerdekaan Indonesia adalah buah dari gerakan menuju satu cita-cita bersama. Begitu pun dengan cita-cita untuk memajukan pendidikan dan kebudayaan, harus kita perjuangkan bersama-sama dengan semangat gotong royong,” ucap dia membacakan naskah pidato Mendikbudristek RI.

Ia melanjutkan, “Gerakan Merdeka Belajar barulah titik awal, masih jauh dari kata sempurna, kita belum sampai di garis finis, dan perjalanan ke depan tentunya masih akan ada banyak tantangan. Untuk itu, mari terus kuatkan tekad dan langkah perjuangan kita untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan,” tutupnya saat membacakan naskah pidato Mendikbudristek RI.

Pada upacara tahun ini, ada sebanyak 72 dosen dan tenaga kependidikan IPB University menerima Penghargaan Satya Lencana Karya untuk masa kerja 10, 20, dan 30 tahun. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas dedikasi dan kontribusi yang luar biasa dalam mendukung kemajuan pendidikan dan penelitian di IPB University.

Sebagai pembina upacara, Dr Alim menyebut bahwa penghargaan ini diharapkan dapat memotivasi seluruh civitas akademika untuk terus berkarya demi kemajuan bersama.

Pada penutupan upacara, diadakan parade Kontingen Turnamen Olahraga memperingati Dies Natalis ke-61 IPB University. Turnamen tahunan ini menjadi ajang kompetisi sehat bagi seluruh warga IPB University, sekaligus memperkuat semangat kebersamaan dan sportivitas di lingkungan kampus.

Selain itu, ada juga bazar dan lomba 17-an berkolaborasi dengan Agrianita. Lomba-lomba yang digelar meliputi tarik tambang, balap bakiak, joget balon, memasukkan sumpit ke dalam botol, balap karung estafet, menghias tumpeng, merangkai buah dan sayur, gebyar merah putih, kreasi fashion dari kertas koran, dan makan donat. Antusiasme peserta terlihat dalam setiap perlombaan, menciptakan semangat persaingan yang sehat dan penuh keceriaan di lingkungan kampus. (dr/Rz)