Sekolah Pascasarjana IPB University Selenggarakan Rapat Pleno Seleksi Mahasiswa Baru Tahap 2

Sekolah Pascasarjana IPB University Selenggarakan Rapat Pleno Seleksi Mahasiswa Baru Tahap 2

Sekolah Pascasarjana IPB University Selenggarakan Rapat Pleno Seleksi Mahasiswa Baru Tahap 2
Berita

Sekolah Pascasarjana (SPs) IPB University mengadakan Rapat Pleno Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahap 2, Semester Gasal 2024/2025 (26/7) di Kampus Dramaga, Bogor.

Prof Deni Noviana, Wakil Rektor IPB University bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan dalam sambutannya menyampaikan bahwa penerimaan mahasiswa baru SPs IPB University tahun ini cukup baik, bahkan ada peningkatan jumlah calon mahasiswa baru.

“SPs IPB University perlu meningkatkan kembali sosialisasi dan promosi program studi (prodi) yang ada dengan membuat program-program yang melibatkan para dekan fakultas dan sekolah serta ketua prodi untuk meningkatkan jumlah mahasiswa baru,” ujarnya.

Prof Deni juga memaparkan terkait target sosialisasi promosi yang berbeda dengan program sarjana dan vokasi. “Promosi di SPs IPB University ini harus lebih detail, bisa melalui instansi pemerintah, kementerian terkait serta program beasiswa yang dibiayai oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) maupun Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Prof Dodik Ridho Nurrochmat, Dekan SPs IPB University menyampaikan pada penerimaan mahasiswa baru tahap kedua, ada beberapa jalur pendaftaran. Yakni jalur reguler, jalur penyelenggaraan khusus, jalur by research, jalur program sinergi (fasttrack) serta jalur program Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU).

“Dengan semakin banyaknya prodi yang membuka jalur pendaftaran, terutama jalur by research dapat memberikan banyak pilihan kepada calon mahasiswa untuk mendaftar di SPs IPB University,” ujarnya.

Sementara itu, Prof Yusli Wardiatno, Wakil Dekan SPs IPB University bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni menyampaikan bahwa total pelamar mahasiswa pada semester gasal 2024/2025 sebanyak 2.065 orang, dengan rincian pada tahap 1 sebanyak 646 orang dan tahap 2 sebanyak 1.419 orang.

“Jumlah calon mahasiswa baru pada semester gasal 2024/2025 tahap 2 ini mengalami kenaikan dibandingkan pada tahap 1, terutama untuk program sinergi yang naik dibandingkan tahun sebelumnya yaitu sebesar 80,2 persen,” imbuhnya.

Sebelumnya, SPs IPB University sudah melakukan proses pendaftaran secara daring untuk mahasiswa baru semester gasal 2024/2025 dari tanggal 26 Februari sampai 18 Juli 2024. Hasil seleksi penerimaan calon mahasiswa baru diumumkan pada tanggal 30 Juli 2024 yang dapat diakses melalui laman registrasi.admisi.ipb.ac.id. (HBL/Lp/Rz)