Sebanyak 3.471 Peserta MPKMB 61 Ramaikan Museum dan Galeri IPB Future

Sebanyak 3.471 Peserta MPKMB 61 Ramaikan Museum dan Galeri IPB Future

Sebanyak 3.471 Peserta MPKMB 61 Ramaikan Museum dan Galeri IPB Future
Berita

Masa Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB) IPB University angkatan 61 telah usai. Museum dan Galeri IPB Future yang berada di bawah naungan unit Lembaga Manajemen Informasi dan Transformasi Digital (LMITD) turut memeriahkan acara MPKMB tahun 2024 ini.

Salah satu kegiatan yang dilakukan ialah membuat program kunjungan bagi mahasiswa baru program sarjana angkatan 61. Tujuan program ini adalah untuk membekali mahasiswa baru tentang sejarah lembaga pendidikan tinggi pertanian di Indonesia, perkembangannya, hingga visinya ke depan. Kegiatan ini berlangsung selama dua pekan sejak tanggal 29 Juli hingga 15 Agustus 2024.

Kunjungan ini merupakan salah satu bagian dari penugasan MPKMB. Para mahasiswa baru angkatan 61 ‘Narapati Bimantara’ ini memperoleh tugas untuk mengetahui masa lalu, masa kini, dan masa depan IPB University. Jawaban mengenai ketiga masa tersebut dapat ditemukan dengan berkunjung ke Museum dan Galeri IPB Future.

Asisten Bidang Arsip Digital dan Pengelolaan Museum LMITD IPB University, Lina Herlina Tresnawati, SKomp, MKom menerangkan, selama kunjungan para mahasiswa baru dapat mengakses seluruh koleksi digital yang terdapat pada 11 ruangan di museum.

“Selain itu, kami turut menghadirkan berbagai layanan menarik seperti videobooth 360, Virtual Campus Tour (VCT), dan Virtual Reality (VR). Layanan-layanan ini hadir untuk menciptakan pengalaman seru bagi para peserta MPKMB saat berkunjung ke Museum dan Galeri IPB Future,” paparnya.

Para peserta MPKMB merespon dengan positif terobosan baru yang dilakukan oleh Museum dan Galeri IPB Future. Salah seorang peserta MPKMB bernama Puspita Sukma merasa cukup takjub dengan adanya layanan VR dan panel-panel aesthetic yang dapat dijadikan sebagai spot foto Instagramable.

Lina Herlina menerangkan, dalam satu pekan program berlangsung, sebanyak 3.471 mahasiswa baru telah berkunjung ke museum. Jumlah ini semakin mendekati total target 5.500 orang dan akan terus bertambah mengingat masih ada satu pekan ke depan untuk pelaksanaan kegiatan ini.

“Melalui program ini, para mahasiswa baru diharapkan memiliki kebanggaan akan almamaternya dan bersemangat selama menempuh pendidikan tinggi di IPB University,” tuturnya.

Di sisi lain, kata dia, program ini juga dapat menjadi refleksi bagi para mahasiswa baru angkatan 61 bahwa segala cita-cita tidak dapat diperoleh melalui cara instan. Karena itu, hal tersebut harus diperjuangkan dengan sungguh-sungguh, sebagaimana para pendahulu memperjuangkan pembentukan IPB University sebagai sebuah perguruan tinggi ternama di Indonesia. (*/Rz)