Sambut Mahasiswa Baru Tahun 2024, Sekolah Pascasarjana IPB University Adakan Kuliah Umum

Sambut Mahasiswa Baru Tahun 2024, Sekolah Pascasarjana IPB University Adakan Kuliah Umum

Sambut Mahasiswa Baru Tahun 2024, Sekolah Pascasarjana IPB University Adakan Kuliah Umum
Berita

Sekolah Pascasarjana (SPs) IPB University mengadakan Kuliah Umum untuk menyambut mahasiswa baru semester gasal tahun akademik 2024/2025. Acara kuliah umum dilakukan di Auditorium Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM), Kampus IPB Dramaga, Bogor, (6/8).

Kuliah umum ini mengundang narasumber Prof Aman Wirakartakusumah, Rektor IPMI Institute dan juga Rektor IPB University periode 1998-2002. Kuliah umum ini diikuti oleh mahasiswa baru program doktor, magister serta program profesi insinyur.

Prof Deni Noviana Wakil Rektor IPB University bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada mahasiswa baru SPs IPB University.

“Selamat bergabung di kampus yang telah mencetak banyak inovator dan pemimpin di bidang pertanian, teknologi dan ilmu pengetahuan lainnya. Kampus ini bukan hanya tempat belajar, tetapi juga menjadi tempat untuk mengembangkan diri, berkolaborasi dan berinovasi,” ujarnya.

Prof Deni menambahkan bahwa pendidikan merupakan investasi yang sangat luar biasa. Ia menerangkan, saat ini IPB University tercatat sebagai Top 10 Universities Ranking in Asia 2024 by Subject Agriculture and Forestry. Ia menegaskan, prestasi ini perlu dijaga dengan baik dengan kualitas publikasi dan tentunya ditunjang dengan kualitas riset melalui program-program yang sudah diberikan IPB University.

“Kami berharap mahasiswa baru SPs ini dapat menempuh studi dengan lancar, sukses ke depannya dan tentu saja dapat lulus tepat waktu. Saat ini mulailah komunikasi dengan ketua program studi dan juga dosen pembimbing agar dapat menyampaikan topik-topik risetnya yang nantinya akan diambil,” tambahnya.

Sementara itu, Prof Dodik Ridho Nurrochmat, Dekan SPs IPB University menjelaskan bahwa tahun 2024 ini, mahasiswa baru yang diterima sebanyak 1.926. Dari jumlah tersebut, 1.301 mahasiswa sudah mendaftar ulang, sedangkan 625 sisanya melakukan penundaan perkuliahan untuk di semester berikutnya, menunggu kepastian penerimaan beasiswa.

“Total mahasiswa aktif SPs IPB University pada semester gasal tahun akademik 2024/2025 sebanyak 7.163 mahasiswa yang tersebar di 56 program studi magister dan 43 program studi doktor dan 1 program studi profesi insinyur,” jelasnya.

Prof Dodik menerangkan, SPs IPB University memfasilitasi program internasional antara lain melalui mobilitas mahasiswa dan dosen, baik joint degree, double degree. Karena itu, ia mendorong mahasiswa baru SPs untuk turut mengikuti program internasional yang selama ini sudah dibentuk.

Kuliah umum dilanjutkan dengan pemaparan administrasi umum dan keuangan oleh Prof Titi Candra Sunarti; akademik, kemahasiswaan dan alumni oleh Prof Yusli Wardiatno; administrasi pendidikan dan penerimaan mahasiswa baru oleh Dr Utami Dyah Syafitri; manajemen informasi dan transformasi digital oleh Dean Apriana Ramadhan, SKom, MKom, serta selayang pandang tentang Forum Wacana oleh Deli Wakano, SPd, MSi. (HBL/ra/Rz)