Rabuan Bersama, Rektor Beberkan Rencana Strategis dan Capaian Kinerja IPB University di Semester Pertama 2024

Rabuan Bersama, Rektor Beberkan Rencana Strategis dan Capaian Kinerja IPB University di Semester Pertama 2024

Rabuan Bersama, Rektor Beberkan Rencana Strategis dan Capaian Kinerja IPB University di Semester Pertama 2024
Berita

Rektor IPB University, Prof Arif Satria, membeberkan beberapa rencana strategis, roadmap, dan capaian kinerja IPB University selama semester pertama tahun 2024 dalam acara Rabuan Bersama secara daring (14/8).

Prof Arif Satria mengungkapkan, berdasarkan milestone IPB 2024-2028, tema utama IPB University tahun 2024 adalah ‘Resilient Ecosystem for Advanced Science and Technology’. Tema ini fokus pada pengembangan organisasi yang tangguh menghadapi perubahan cepat dan tak terduga dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Adapun tahun-tahun berikutnya, IPB University akan mengusung tema inovasi dan global engagement, termasuk ‘Innopreneurship and Value Creation’ pada 2025, ‘Global Engagement’ pada 2026, dan ‘Globalized Sustainable University’ pada 2028.

“Untuk semester ini, IPB University memprioritaskan beberapa program, termasuk pendidikan transdisiplin, sistem pendidikan resilient, infrastruktur riset berkualitas, dan pengelolaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang tangguh,” ujarnya.

Prof Arif Satria juga menyoroti pentingnya inovasi dalam pendidikan dan pengelolaan cryptocurrency serta peningkatan fasilitas laboratorium dan sistem informasi keamanan siber.

Prof Arif Satria menyampaikan, IPB University berkomitmen untuk mencapai akreditasi internasional untuk semua program studi dan terus memperbaiki sistem informasi serta kesejahteraan organisasi.

Capaian IPB University dalam pemeringkatan tingkat dunia juga meningkat. Berdasarkan peringkat QS World University Ranking, IPB University mengalami kenaikan signifikan menjadi peringkat 426 global pada tahun 2024, meningkat dari peringkat 489 pada tahun 2023.

“Dalam bidang Agriculture and Forestry, IPB University tetap sebagai yang terbaik di Asia Tenggara untuk tiga tahun berturut-turut. Selain itu, dalam ranking ASEAN versi AppliedHE, IPB University menempati peringkat ketiga di Asia Tenggara,” ungkapnya.

Prof Arif Satria juga menyebut peningkatan dalam prestasi fakultas, penerimaan mahasiswa baru, dan publikasi. “Semua pihak terus mendukung dan bekerja keras untuk mencapai target yang telah ditetapkan,” pesannya.

Dalam kesempatan tersebut, para Wakil Rektor dan Sekretaris Institut IPB University melanjutkan dengan penjelasan lebih mendetail mengenai capaian dan rencana masing-masing bidang. (MW/Rz)