Optimalkan Keuntungan Usaha Warga Desa Mekarsari, Himasilkan IPB University Beri Pelatihan Manajemen Keuangan

Optimalkan Keuntungan Usaha Warga Desa Mekarsari, Himasilkan IPB University Beri Pelatihan Manajemen Keuangan

Optimalkan Keuntungan Usaha Warga Desa Mekarsari, Himasilkan IPB University Beri Pelatihan Manajemen Keuangan
Student Insight

Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Perikanan (Himasilkan), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University melalui Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) melakukan sosialisasi manajemen keuangan. Sosialisasi ini dalam rangka mengembangkan potensi Desa Mekarsari, Bogor, Jawa Barat.

Trian, mahasiswa IPB University sekaligus penanggung jawab kegiatan menyampaikan, kegiatan sosialisasi manajemen keuangan diberikan kepada kelompok wanita tani (KWT). Dengan adanya kegiatan ini, ia dan tim mengharapkan dapat memberikan pemahaman tentang pengelolaan keuangan yang tepat untuk memaksimalkan keuntungan usaha.

Mahasiswa IPB University dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) ini menjelaskan, para peserta mendapat kesempatan untuk belajar perhitungan harga pokok produksi (HPP) dan penentuan harga jual produk.

“Manajemen keuangan perlu memperhatikan perencanaan keuangan, modal usaha, pengelolaan kas, laporan keuangan, dan perencanaan usaha jangka panjang. Manajemen keuangan penting untuk keberlanjutan usaha, karena menentukan berapa keuntungan yang dapat diperoleh per bulannya,” ungkap Trian.

Novita, salah satu anggota KWT menyampaikan, untuk menentukan harga produk yang dihasilkan, selama ini ia menilai dari perkiraan harga semua bahan yang dibeli. “Dari harga beli itu, kami sesuaikan dan biasanya dilebihkan agar mendapat keuntungan, tetapi kami masih terkendala di pemasaran produknya,” ungkap Novita.

Novita berharap, pelatihan ini dapat memberikan manfaat terkait penentuan harga jual produk yang tepat sehingga dapat memperoleh keuntungan maksimal. Tidak hanya itu, dengan mengetahui komponen harga produksi, diharapkan dengan menjaga harga agar tetap terjangkau bagi konsumen. (*/ra/Rz)