Menjadi Dosen Inspiratif

Menjadi Dosen Inspiratif

Rektor IPB Bersama Peserta MPKMB
Rector Insight

Para Dosen IPB yang saya banggakan, Insya Allah kita akan memasuki awal perkuliahan semester gasal 2024/2025, yang akan dimulai pada Senin 12 Agustus 2024.

Saya mengucapkan selamat bertugas, teriring harapan bahwa hari pertama kuliah dapat memberikan kesan terbaik kepada mahasiswa: hadir tepat waktu, persiapan perkuliahan sebaik-baiknya, dan bangun suasana perkuliahan yang penuh motivasi.

Kita memiliki tanggung jawab besar untuk membantu mahasiswa membentuk diri sebagai pembelajar sejati yang tangguh, yang cinta ilmu dan selalu ingin belajar (lifelong learner). Mari kita jadikan perkuliahan lebih menyenangkan, namun tetap efektif memberikan nilai tambah dan menginspirasi.

Ada pepatah yang mengatakan, “mediocre teacher tells, good teacher explains, great teacher inspires”. Menginspirasi adalah menggerakkan hati dan pikiran orang lain untuk bertindak. Cara terbaik menginspirasi adalah dengan keteladanan, khususnya keteladanan dalam berkarya.

Karya adalah muara dari pribadi unggul yang penuh integritas, pola pikir tumbuh (growth mindset), dan kegigihan dalam bekerja (grit). Tentu karya yang kita ciptakan adalah yang membawa manfaat besar untuk kemajuan.

Menginspirasi bisa dengan kata-kata, tetapi lebih baik dengan karya.

Selamat menjadi dosen inspiratif.

Inspiring innovation with integrity

Bogor, 11 Agustus 2024
Kampus IPB Dramaga
Arif Satria