Mahasiswa KKNT Inovasi Pertemukan Pakar IPB University dengan Para Petani dan Peternak di Terbanggi Besar

Mahasiswa KKNT Inovasi Pertemukan Pakar IPB University dengan Para Petani dan Peternak di Terbanggi Besar

Mahasiswa KKNT Inovasi Pertemukan Pakar IPB University dengan Para Petani dan Peternak di Terbanggi Besar
Student Insight

Mahasiswa IPB University tim Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi dari Desa Terbanggi Besar dan Desa Karang Endah menggelar program bertajuk ‘Sarasehan: Pertanian, Peternakan, dan Kesehatan Hewan Terpadu’. Kegiatan ini bertujuan memfasilitasi konsultasi masalah secara langsung antara petani, peternak, dan pakar IPB University.

Acara ini berlangsung di Gedung Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), Desa Karang Endah, Kecamatan Terbanggi Besar, Lampung Tengah. Sarasehan dihadiri oleh masyarakat dari berbagai komunitas petani dan peternak di sekitar Kecamatan Terbanggi Besar. Pakar IPB University yang hadir antara lain Prof Agik Suprayogi, Dr Ronald Tarigan, Dr Anisa Rahma, Dr R Harry Soehartono, dan Bonjok Istiaji, MSi.

Para pakar IPB University memberikan saran mengenai solusi berbagai masalah di bidang pertanian, peternakan, dan kesehatan hewan. Masyarakat dengan antusias mengajukan pertanyaan serta berbagi pengalaman praktis mereka dalam menghadapi tantangan sehari-hari di lapangan.

Kepala Balai Penyuluhan Pertanian Terbanggi Besar, Rendy Franata mengatakan, sarasehan ini diharapkan dapat menjadi cikal bakal pembinaan hilirisasi. Sebab, kata dia, selama turun temurun, program pengolahan hasil pertanian hanya terbatas di hulunya saja.

“Saat ini, hanya kelompok wanita tani (KWT) saja yang memiliki produk hasil hilirisasi, yaitu hasil pangan produk lokal. Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University ini dapat menjadi motor dalam hilirisasi,” ungkapnya.

Prof Agik Suprayogi, dosen IPB University dari Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB), sangat mengapresiasi kegiatan ini. “Sarasehan ini membangun situasi keakraban antara pakar IPB University dan masyarakat, yaitu petani dan peternak,” ujarnya.

Ia berharap sarasehan ini dapat memajukan petani dan peternak di Kecamatan Terbanggi Besar. “Ke depannya, semoga program lain yang serupa akan terus dilaksanakan oleh mahasiswa KKNT Inovasi IPB University,” tutup Prof Agik. (*/Lp/Rz)