Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Gelar Kegiatan Woman for Nature di Desa Campakamulya

Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Gelar Kegiatan Woman for Nature di Desa Campakamulya

Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Gelar Kegiatan Woman for Nature di Desa Campakamulya
Student Insight

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi IPB University menggelar kegiatan Woman for Nature yang bertempat di Aula Kantor Desa Campakamulya, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat tentang bagaimana tata cara kelola sampah yang baik dan contoh pengaplikasian sampah menjadi barang yang memiliki nilai. Selain itu, dalam kegiatan ini juga dilakukan pengenalan aplikasi IPB Digitani.

Menurut Ripandi Ismail, ketua pelaksana program, kegiatan ini dirancang guna meningkatkan literasi masyarakat terutama wanita di Desa Campakamulya mengenai pengelolaan limbah yang benar.

“Dengan mengenalkan pengelolaan sampah yang baik kepada ibu rumah tangga, akan menimbulkan efek domino yang besar dalam masyarakat,” ujarnya.

Ia menjelaskan, program Women for Nature memberikan pemahaman berupa pengelolaan sampah organik dan anorganik. Kegiatan diawali dengan materi Chemistry in everyday life yang menjelaskan mengenai bahan kimia yang ada di kehidupan sehari-hari.

“Dalam limbah, terkandung berbagai macam bahan kimia. Karena itu, penting untuk memahami bahan kimia di sekitar kita,” ujar Jum’an sebagai salah satu pemateri.

Terkait pengelolaan limbah organik dan anorganik, mahasiswa menjelaskan berbagai alternatif pengelolaannya. Peserta diberikan video tutorial yang dibuat oleh mahasiswa KKNT Inovasi berupa pembuatan pupuk organik cair (POC) dan tanaman buah dalam pot (tabulampot).

“POC dan tabulampot nantinya akan dibagikan kepada warga sekitar berupa produk jadi dan bahan pembuatannya. Dengan dibagikannya produk dan kit pembuatannya diharapkan masyarakat akan lebih termotivasi dan bisa memulai walaupun dari hal yang sederhana,” ujar Ripandi.

Kegiatan dilanjut dengan sosialisasi mengenai pengenalan aplikasi IPB Digitani yang diawali dengan sesi diskusi mengenai pengelolaan limbah dan masalah seputar pertanian. Para peserta dibantu oleh mahasiswa mengenai tata cara membuat akun, penggunaan aplikasi dan pengenalan berbagai fitur yang tersedia pada aplikasi IPB Digitani.

“Dengan diselenggarakannya kegiatan Woman for Nature, diharapkan pemahaman mengenai pengelolaan limbah dapat dipahami dengan baik oleh peserta yang merupakan kelompok pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK), yang nantinya akan disebarkan juga kepada keluarganya,” paparnya.

Haris selaku Kepala Desa Campakamulya yang hadir sosialisasi, mengapresiasi kegiatan Woman for Nature. “Sosialisasi ini membantu meningkatkan semangat saya kembali dalam memberdayakan limbah yang ada. Saya berharap dengan adanya program ini dapat meningkatkan semangat warga dalam mengelola sampah,” katanya.