Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Dorong Program Manajemen Limbah Domestik di Kecamatan Warureja

Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Dorong Program Manajemen Limbah Domestik di Kecamatan Warureja

Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Dorong Program Manajemen Limbah Domestik di Kecamatan Warureja
Student Insight

Mahasiswa IPB University yang sedang melaksanakan program pengabdian Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi, berhasil mengintegrasikan program untuk desa di Kecamatan Warureja, Tegal, Jawa Tengah. Program tersebut bertajuk, ‘Wujudkan Warureja Hijau: Aksi Nyata dari Rumah, Olah Sampah jadi Cuan’.

Dewi Sukma Inderawati, Koordinator KKNT Inovasi Kecamatan Warureja mengungkapkan, beberapa program tersebut meliputi sistem hidroponik kangkung sederhana, komposter, kerajinan plastik kemasan, ecobrick paving block, pot biopori tanaman obat keluarga (Toga), dan vertical garden. Sementara itu, usulan program jangka panjangnya ialah budi daya maggot dan bank sampah.

“Tidak cukup hanya dengan teori, namun perlu adanya aksi dan kolaborasi. Diharapkan program kami bisa menjadi solusi permasalahan sampah dan dapat diimplementasikan oleh masyarakat di Kecamatan Warureja,” jelas Dewi.

Sebelumnya, Pemerintah Kecamatan Warureja, Tegal, Jawa Tengah telah melaksanakan rapat koordinasi dengan tujuan untuk meningkatkan kebersihan lingkungan serta kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah domestik. Kegiatan berlangsung di Aula Kecamatan Warureja, dihadiri oleh perwakilan kelompok pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK) masing-masing desa.

Camat Warureja, Aji Wiratno, menyampaikan pentingnya peran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. “Isu sampah menjadi permasalahan utama di Kabupaten Tegal, khususnya Kecamatan Warureja. Rapat koordinasi ini dirancang untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengolahan limbah domestik,” jelasnya.

Menurutnya, kelompok PKK khususnya ibu rumah tangga memiliki peran penting dalam memilah dan mengolah sampah dari rumah. Peran masyarakat, sebut dia, sangat dibutuhkan dalam menangani permasalahan ini. (*/Lp/Rz)