Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Desa Limbangan Pelopori Gerakan Bersih Selokan Rumah Tangga

Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Desa Limbangan Pelopori Gerakan Bersih Selokan Rumah Tangga

Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Desa Limbangan Pelopori Gerakan Bersih Selokan Rumah Tangga
Student Insight

Tim Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi IPB University lakukan aksi membersihkan selokan bersama Pemerintah Desa Limbangan, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Kegiatan ini didasari atas kondisi selokan rumah tangga yang kurang terjaga ditambah dengan sampah domestik yang memenuhi selokan di Desa Limbangan.

Kegiatan aksi bersih selokan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan kebersihan lingkungan terutama selokan rumah tangga agar tercipta lingkungan yang bersih dan sehat. Kegiatan ini mengajak pemerintah desa setempat untuk turut serta agar mempunyai dampak luas bagi masyarakat. Tim KKNT Inovasi PB University berkolaborasi dengan mahasiswa KKN Universitas Majalengka dalam pelaksanaan acara tersebut.

“Kegiatan ini lahir dari keresahan teman-teman KKNT IPB University yang melihat selokan dan kebersihan desa yang kurang. Selain itu, kondisi selokan yang banyak sampah, berbau dan tidak mengalir berpotensi menjadi sarang nyamuk,” ungkap Naufal sebagai ketua kelompok KKNT Inovasi Desa Limbangan.

Lanjut Naufal, kondisi lingkungan Desa Limbangan terutama sampah dan selokan menjadi fokus utama tim KKNT Inovasi IPB University di Desa Limbangan sejak tiba di desa tersebut.

“Kegiatan peduli sampah dimulai dengan meningkatkan kesadaran pada anak-anak SD melalui kegiatan edukasi yang ceria agar tertanam kepedulian sampah sejak dini. Kegiatan kebersihan sampah bersama warga dan pemerintah desa menjadi kegiatan pelopor untuk kemudian hari,” ujarnya.

Abdul Qodir, Pamong Desa Limbangan, mengungkapkan bahwa Pemerintah Desa Limbangan sangat antusias dengan adanya kegiatan bersih sampah dan selokan. “Saya berharap masyarakat Limbangan ke depannya lebih sadar terkait kebersihan dengan kegiatan tersebut,” imbuhnya. (*/Lp/Rz)