Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Berikan 145 Bibit Tanaman kepada KWT Balumbang Jaya

Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Berikan 145 Bibit Tanaman kepada KWT Balumbang Jaya

Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Berikan 145 Bibit Tanaman kepada KWT Balumbang Jaya
Student Insight

Sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan kemandirian masyarakat, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi IPB University memberikan 145 bibit pohon kepada kelompok wanita tani (KWT) di RW001 Kelurahan Balumbang Jaya, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat.

Juliana Sitompul, salah satu perwakilan tim KKNT Inovasi, Bibit pohon yang disalurkan terdiri dari 25 bibit pohon ketapang kencana, 25 bibit pohon pucuk merah, 25 bibit pohon mahoni, 16 bibit pohon jambu biji, 17 bibit pohon alpukat, 17 bibit pohon sirsak, dan 20 bibit pohon cabai.

“Semua bibit tersebut kami peroleh dari pusat persemaian modern di Rumpin, Bogor yang dikenal dengan teknologi dan praktik pertanian yang canggih. Dengan memberikan bibit tanaman yang berkualitas ini, kami berharap dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen di Kelurahan Balumbang Jaya,” tuturnya.

Penyerahan bibit diterima dengan antusias oleh Ketua RW001, Doni, serta dihadiri oleh kelompok wanita tani dan warga setempat. Setelah penyerahan, bibit-bibit tersebut langsung ditanam di lahan KWT.

“Kami berterima kasih kepada mahasiswa KKNT Inovasi karena telah membantu dalam upaya memperkuat KWT melalui pemberian bibit pohon ini. Bantuan ini sebagai langkah konkret yang tidak hanya akan meningkatkan produktivitas pertanian di desa, tetapi juga mengatasi masalah lahan kosong yang ada,” ujar Doni.

Juliana menambahkan, dengan adanya penanaman bibit pohon yang bermanfaat ini, diharapkan Kelurahan Balumbang Jaya akan mengalami perbaikan kualitas lingkungan secara signifikan. Menurutnya, inisiatif ini juga tidak hanya meningkatkan keindahan visual desa, tetapi juga memberikan manfaat jangka panjang dalam meningkatkan kenyamanan hidup masyarakat.

“Dengan penanaman pohon-pohon tersebut, semoga akan terbentuk lanskap yang lebih hijau dan menarik, yang akan mempercantik lingkungan sekitar dan memberikan nuansa yang lebih segar serta menenangkan,” pungkasnya. (*/Rz)