Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Adakan Nature Walk di SDN 02 Kadongdong Garut

Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Adakan Nature Walk di SDN 02 Kadongdong Garut

Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Adakan Nature Walk di SDN 02 Kadongdong Garut
Student Insight

Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi dari IPB University mengadakan kegiatan Nature Walk di SDN 02 Kadongdong, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi siswa-siswi mengenai pentingnya pola hidup bersih dan sehat (PHBS) serta memperkenalkan ekosistem alam sekitar.

“Kami memberikan materi mengenai PHBS serta ekosistem kepada siswa-siswi SDN 02 Kadongdong. Materi disampaikan ke masing-masing kelas dengan penyampaian yang interaktif dan menyenangkan agar mudah dipahami oleh anak-anak,” ucap Arfian Puji Sulistiyo, anggota tim mahasiswa KKNT Inovasi.

Ia mengurai, beberapa poin penting yang disampaikan dalam edukasi PHBS antara lain kebersihan, makanan, dan kesehatan. Melalui penjelasan dan demonstrasi langsung, siswa-siswi diajak untuk mempraktikkan cara mencuci tangan yang benar serta pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Selain itu, kata Puji, mahasiswa juga memberikan penjelasan mengenai ekosistem. Siswa-siswi diajak untuk memahami peran setiap komponen ekosistem, seperti pengenalan ekosistem, macam ekosistem, kelompok hewan, dan pentingnya hutan untuk keberlangsungan hidup makhluk hidup lainnya.

Sehari berselang, mahasiswa KKNT Inovasi IPB University mengajak siswa-siswi untuk mengaplikasikan materi yang telah diberikan melalui kegiatan Nature Walk. Kegiatan ini dimulai dengan kegiatan senam dan penerapan sarapan sehat bersama.

Selanjutnya siswa-siswi diajak berjalan mengelilingi area sekitar sekolah untuk mengamati berbagai jenis flora dan fauna yang ada di lingkungan sekitar mereka.

“Selama berjalan, kami memberikan penjelasan mengenai ekosistem yang diamati, menghubungkan teori yang telah disampaikan dengan kondisi di lapangan. Melalui kegiatan ini, siswa-siswi dapat memahami dan menghargai keanekaragaman hayati yang ada di sekitar mereka,” tuturnya.

Kegiatan edukasi PHBS dan ekosistem serta Nature Walk yang dilakukan oleh mahasiswa KKNT Inovasi IPB University disambut baik oleh pihak sekolah. “Semoga ilmu yang diberikan hari ini bermanfaat dan dapat meningkatkan pengetahuan siswa,” ucap Kepala SDN 02 Kadongdong, Siti Hanipah, SPd. (*/Rz)