Mahasiswa IPB University Gelar Sosialisasi Pengolahan Abon Telur Ayam di Desa Bangsri

Mahasiswa IPB University Gelar Sosialisasi Pengolahan Abon Telur Ayam di Desa Bangsri

Mahasiswa IPB University Gelar Sosialisasi Pengolahan Abon Telur Ayam di Desa Bangsri
Student Insight

Mahasiswa IPB University yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi melaksanakan sosialisasi pengolahan makanan abon berbahan dasar telur ayam kepada ibu-ibu pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (PKK) di Desa Bangsri, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan cara meningkatkan waktu simpan telur ayam dengan mengolahnya menjadi abon, dan memberikan ide usaha dengan produk bergizi.

“Sosialisasi pengolahan makanan abon telur ayam disampaikan dengan menunjukkan cara pembuatan abon telur ayam. Langkah pengolahan tersebut disajikan melalui flyer berbentuk visualisasi gambar,” ungkap Shasy Kirani, anggota KKNT Inovasi IPB University Desa Bangsri.

Lanjut Shasy, pengolahan abon telur ayam dilakukan untuk memperkenalkan cara lain dalam mengolah telur. Selain itu, anggota PKK juga dapat memanfaatkan olahan abon telur ayam sebagai peluang usaha karena masih sedikit orang yang mengetahui tentang olahan abon telur ayam.

“Telur ayam ini memiliki gizi yang baik yang dapat diserap oleh tubuh serta mudah untuk dijangkau oleh masyarakat. Pengolahan makanan ini pun dapat dikomersialisasikan oleh ibu-ibu PKK atau masyarakat sekitar,” ujar Shasy.

Di saat bersamaan, mahasiswa KKNT Inovasi juga melakukan sosialisasi pentingnya pendidikan pada ibu PKK. “Kami ingin memastikan bahwa setiap anak memiliki kesempatan untuk meraih pendidikan yang layak,” sebutnya.

“Pendidikan bukan hanya tentang membaca dan menulis, tetapi juga membentuk karakter dan hal tersebut bisa didapatkan bukan hanya di dalam rumah tetapi di lingkungan luar,” ujar Christo Glory, mahasiswa KKNT Inovasi lain.

Selain memberikan motivasi tentang pentingnya pendidikan, kegiatan ini juga memperkenalkan program paket A, B, dan C yang ditujukan untuk anak-anak yang putus sekolah. Program ini memberikan kesempatan bagi mereka untuk melanjutkan pendidikan setara dengan SD (paket A), SMP (paket B), dan SMA (paket C) tanpa dipungut biaya. (*/Lp/Rz)