Mahasiswa IPB University Edukasi Siswa SD Mekarjati 2 Manfaatkan Pekarangan Lewat Kebun Gizi

Mahasiswa IPB University Edukasi Siswa SD Mekarjati 2 Manfaatkan Pekarangan Lewat Kebun Gizi

Mahasiswa IPB University Edukasi Siswa SD Mekarjati 2 Manfaatkan Pekarangan Lewat Kebun Gizi
Student Insight

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi IPB University di Desa Mekarjati, Karawang, Jawa Barat melaksanakan sosialisasi pemanfaatan pekarangan dan pemilahan sampah di SD Mekarjati 2. Partisipan dari kegiatan sosialisasi ini merupakan seluruh murid kelas 2 hingga kelas 6. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran serta keterampilan siswa dalam pengelolaan lingkungan sekitar.

Kegiatan dimulai dengan penjelasan mengenai pentingnya pemilahan sampah. Para mahasiswa KKNT Inovasi IPB University juga menjelaskan mengenai berbagai jenis sampah seperti sampah organik, anorganik, dan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3).

“Kami juga menjelaskan cara-cara pemilahan sampah yang baik dan benar melalui sesi tanya jawab dan demonstrasi menggunakan tempat sampah yang terbuat dari galon bekas yang dibedakan menjadi tiga warna sesuai dengan kategori jenis sampah,” tutur Ulwan Amani Syarifudin, salah satu mahasiswa IPB University.

Melalui metode ini, kata dia, siswa diperkenalkan tata cara memisahkan sampah di rumah dan di sekolah serta pentingnya mendaur ulang untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Selanjutnya, mahasiswa memberikan materi mengenai pentingnya pemanfaatan pekarangan rumah. Mahasiswa KKNT Inovasi memperkenalkan berbagai cara untuk memanfaatkan pekarangan secara efektif.

“Kami menunjukkan bagaimana cara membuat ‘Kebun Gizi’ di pekarangan sekolah serta manfaatnya bagi lingkungan dan kesehatan. Kegiatan ini disertai dengan sesi tanya jawab yang aktif. Siswa menunjukkan antusiasme dan rasa ingin tahu yang tinggi. Mereka juga terlibat dalam aktivitas praktik dalam menanam dan memanfaatkan pekarangan sekolah,” jelas Urwan.

Melalui kegiatan ini, Urwa mengharapkan siswa SDN Mekarjati 2 dapat lebih memahami pentingnya pengelolaan lingkungan yang baik dan menerapkan ilmu yang didapat dalam lingkungan sehari hari mereka.

Kepala SDN Mekarjati 2, Dede Marlia, menyatakan apresiasinya terhadap kegiatan ini. “Kami sangat berterima kasih terhadap mahasiswa IPB University yang telah memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada anak-anak kami,” ujarnya. (*/Rz)