Kodjaforia: Kolaborasi Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University dan Masyarakat Desa Kondangjajar

Kodjaforia: Kolaborasi Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University dan Masyarakat Desa Kondangjajar

Kodjaforia Kolaborasi Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University dan Masyarakat Desa Kondangjajar
Student Insight

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi IPB University menggelar kegiatan Kodjaforia atau Kondangjajar Euforia. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Desa Kondangjajar, Kecamatan Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat. Kegiatan ini dihadiri oleh masyarakat setempat dan berbagai pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dari empat dusun yang terdapat di Desa Kondangjajar.

Aqila Fadya Irawan, salah satu mahasiswa KKNT Inovasi di Desa Kondangjajar mengatakan, Kodjaforia merupakan kegiatan tahunan mahasiswa KKNT di Desa Kondangjajar. Kegiatan tersebut mengangkat tema ’Merajut Kebersamaan dalam Ragam Karya dan Budaya’.

“Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama antara mahasiswa KKNT Inovasi IPB University dan mahasiswa KKN 15 Universitas Siliwangi dan masyarakat di Desa Kondangjajar,” ungkap Aqila.

Lanjut Aqila, Kondangjajar Euforia melibatkan berbagai kegiatan seperti Bazar UMKM dan penampilan bakat dari setiap dusun di Desa Kondangjajar.

“Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan UMKM di setiap dusun, meningkatkan ekonomi masyarakat melalui bazar, serta mempererat silaturahmi di Desa Kondangjajar. Terdapat tujuh UMKM yang berpartisipasi dalam bazar Kodjaforia, yaitu kerajinan Mang Soso, Sale Ibu Nurwati, Dagè, Minyak Klentik, Comet, Ranginang, dan Sale Ibu Olog,” ujarnya.

Perwakilan dari Camat Cijulang mengungkapkan bahwa KKNT Inovasi merupakan program strategis untuk membangun kolaborasi antara kampus dan masyarakat. “KKNT Inovasi adalah bagian penting dan strategis untuk bersinergi antara IPB University, Universitas Siliwangi dan masyarakat,” tuturnya. (*/Lp/Rz)