Kerja Sama Penelitian Genome Editing antara SKHB IPB University dan Seoul National University

Kerja Sama Penelitian Genome Editing antara SKHB IPB University dan Seoul National University

Kerja Sama Penelitian Genome Editing antara SKHB IPB University dan Seoul National University
Berita

Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) IPB University menerima kunjungan rombongan lima orang dari Seoul National University (SNU) Korea Selatan, yang dipimpin oleh Prof Go Jang. Kunjungan ini merupakan langkah awal dalam rangka kerja sama penelitian di bidang genome editing antara kedua institusi.

Acara yang diselenggarakan di Ruang Sidang Dekanat SKHB, Kampus IPB Dramaga ini dibuka dengan sambutan oleh Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan Prof Ni Wayan Kurniani Karja. Ia mengucapkan selamat datang kepada Prof Go Jang dan tim.

Prof Ni Wayan terlebih dahulu memperkenalkan beberapa dosen yang hadir dan akan terlibat dalam kerja sama ini, antara lain Dr Sri Murtini, Prof Bambang Purwantara, Dr Muhammad Agil, Dr Arifin Budiman Nugraha, dan Dr Wahono Esthi Prasetyaningtyas.

Dalam sambutannya, Prof Ni Wayan menjelaskan perkembangan SKHB IPB University, mulai dari pengenalan berbagai program studi yang tersedia, capaian-capaian dalam hal pertukaran mahasiswa, prestasi mahasiswa dan dosen, publikasi dan penelitian, kolaborasi, akreditasi internasional, hingga fasilitas dan unit-unit yang dimiliki.

Diskusi dilanjutkan dengan paparan oleh Dr Muhammad Agil, yang memperkenalkan Laboratorium Assisted Reproductive Technology (ART) dan Biobanking untuk konservasi badak Sumatra dan satwa langka lainnya. Setelah itu, paparan dilanjutkan oleh Prof Go Jang juga menjelaskan berbagai kegiatan di laboratoriumnya di SNU, yang meliputi produksi embrio dan hewan secara in vitro, kultur primer dan pemeliharaan, serta perekayasaan genetik.

Kunjungan dilengkapi dengan tur ke beberapa fasilitas SKHB IPB University, termasuk fasilitas equestrian, Rumah Sakit Hewan Pendidikan, Laboratorium Pendidikan dan Layanan, serta Laboratorium ART.

“Kunjungan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam kerja sama antara SKHB IPB University dan SNU di bidang penelitian genome editing,” tandas Prof Ni Wayan. (*/Rz)