Jawab Masalah Petani, Mahasiswa IPB University Sosialisasikan Pengendalian Hama dan Aplikasi Digitani

Jawab Masalah Petani, Mahasiswa IPB University Sosialisasikan Pengendalian Hama dan Aplikasi Digitani

Jawab Masalah Petani, Mahasiswa IPB University Sosialisasikan Pengendalian Hama dan Aplikasi Digitani
Student Insight

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi IPB University melaksanakan sosialisasi pengendalian hama penggerek batang dan tikus serta pengenalan aplikasi Digitani kepada para kelompok tani di Desa Mekarjati, Karawang, Jawa Barat. Acara dihadiri oleh sejumlah anggota kelompok tani setempat dan perwakilan dari Dinas Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pertanian. Acara ini disambut dengan antusias oleh para peserta yang termasuk ke dalam kelompok tani.

Koordinator KKNT Inovasi IPB University di Desa Mekarjati, Ulwan Amani Syarifudin mengatakan, “Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan edukasi kepada para kelompok tani dalam menghadapi masalah hama tikus dan penggerek batang yang kerap merugikan hasil panen mereka.”

Dalam sesi ini, mahasiswa KKNT Inovasi IPB University menjelaskan berbagai metode pengendalian hama tikus dan penggerek batang mulai dari teknik pencegahan, pengendalian secara mekanis, hingga penggunaan pestisida yang ramah lingkungan.

“Kami juga memperkenalkan aplikasi IPB Digitani. Aplikasi ini merupakan sebuah inovasi teknologi yang dikembangkan oleh IPB University untuk membantu para petani dalam mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapinya selama bertani,” jelas Ulwan.

IPB Digitani memiliki berbagai fitur yang dapat digunakan oleh para petani untuk mengajukan permasalahan mengenai pertanian yang sedang dialaminya. Tak hanya bidang pertanian, informasi yang tersedia di IPB Digitani juga mencakup bidang peternakan, bidang perikanan, dan bidang kehutanan.

“Dengan aplikasi IPB Digitani diharapkan para petani dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil pertanian mereka,” tuturnya.

Menurut Uwan, para anggota kelompok tani yang hadir sangat antusias dan aktif berpartisipasi dalam diskusi dan sesi tanya jawab. Mereka menyampaikan berbagai pengalaman dan tantangan yang dihadapi dalam mengelola pertanian, serta memberikan masukan yang sangat berharga bagi mahasiswa KKNT Inovasi IPB University.

“Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat membantu para kelompok tani di Kelurahan Mekarjati agar dapat lebih siap dan mampu mengatasi berbagai tantangan dalam bidang pertanian serta memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kesejahteraan mereka,” pungkasnya. (*/Rz)