IPB University Resmikan Program Studi Baru, Smart Agriculture

IPB University Resmikan Program Studi Baru, Smart Agriculture

IPB University Resmikan Program Studi Baru, Smart Agriculture
Berita

Fakultas Pertanian (Faperta) IPB University telah meresmikan sekretariat program studi (prodi) baru, Smart Agriculture. Sekretariat Prodi Smart Agriculture diresmikan secara simbolis oleh Wakil Rektor IPB University bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Prof drh Deni Noviana pada Sabtu, (17/8).

Peresmian Prodi Smart Agriculture dihadiri oleh sejumlah pimpinan IPB University, di antaranya Sekretaris Institut Prof Agus Purwito, Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan Prof drh Deni Noviana, Wakil Rektor Bidang Resiliensi Sumberdaya dan Infrastruktur Dr Alim Setiawan Slamet, Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Pengembangan Agromaritim Prof Ernan Rustiadi, Wakil Rektor Bidang Konektivitas Global, Kerjasama, dan Alumni Prof Iskandar Z Siregar, para dekan, dan pimpinan di Faperta.

Prof drh Deni Noviana menjelaskan bahwa Prodi Smart Agriculture menempati posisi ke-5 program studi dengan tingkat keketatan tinggi pada jenjang program sarjana (S1). Tahun 2024 ini, perbandingan keketatan Prodi Smart Agriculture yakni 1:32. Jumlah mahasiswa saat ini sebanyak 44 orang dari berbagai jalur masuk di IPB University.

Dekan Fakultas Pertanian, Prof Suryo Wiyono menambahkan, lahirnya Prodi Smart Agriculture juga didorong dengan adanya kerja sama antara IPB University dan Gyeongsang National University (GNU), Korea Selatan.

“Smart Agriculture juga terbuka untuk sharing fasilitas dengan fakultas atau prodi lain. Tenaga pengajar tidak hanya berasal dari Fakultas Pertanian, tetapi juga dari Fakultas Teknologi Pertanian dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, selain itu juga dari GNU,” ujarnya.

“Prodi ini juga mendapat hibah dari GNU untuk perbaikan laboratorium, pembangunan agriphotovoltaic, dan plant factory yang akan digunakan sebagai fasilitas pendidikan mahasiswa,” imbuh Ketua Prodi Smart Agriculture IPB University, Prof Awang Maharijaya.

Acara peresmian dilanjutkan dengan melakukan room tour sekaligus foto bersama di dalam Ruang Sekretariat Program Studi Smart Agriculture yang berada di Wing 16 Level 3. Diharapkan dengan adanya program studi ini, kolaborasi antar prodi dan fakultas di IPB University dapat lebih baik dan memberikan dampak positif untuk masyarakat luas. (*/Rz)