IPB University Adakan Kick Off Sekolah Drone 2024

IPB University Adakan Kick Off Sekolah Drone 2024

IPB University Adakan Kick Off Sekolah Drone 2024
Berita

Direktorat Pengembangan Masyarakat Agromaritim (DPMA) IPB University secara resmi menggelar Kick Off Sekolah Drone 2024 (21/8). Acara ini menjadi langkah awal dalam rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan dan memanfaatkan teknologi drone dalam kebutuhan pemetaan (mapping) serta penginderaan jarak jauh.

Dr M Iqbal Irfany, Asisten Direktur Kewirausahaan Sosial DPMA IPB University, dalam sambutannya menekankan pentingnya penggunaan drone sebagai alat yang mampu menyediakan data yang akurat dan informatif.

“Penggunaan drone sangat berguna untuk mendapatkan data yang bisa menghasilkan informasi dan dapat digunakan untuk mengambil keputusan atau kebijakan lainnya. Ke depannya, teknologi ini dapat digunakan untuk membangun desa melalui data-data yang presisi,” ujarnya.

Acara ini turut menghadirkan Qori Pebrial Ilham, SHut, MSi, seorang Forestry Drone Engineer dan dosen IPB University di Fakultas Kehutanan dan Lingkungan (Fahutan). Dalam sesinya, ia membawakan materi tentang ‘Penginderaan Jarak Jauh dan Pengantar Drone’, yang memberikan pemahaman dasar mengenai cara kerja drone serta aplikasi praktisnya di bidang kehutanan dan lingkungan. Ia menyampaikan tentang prinsip dasar remote sensing, pengenalan teknologi drone, dan pengenalan drone mapping.

Penggunaan drone memiliki relevansi dengan berbagai bidang, di antaranya dalam bidang pertanian (kesehatan tanaman, precision agriculture), kehutanan dan lingkungan (pemantauan hutan dan deforestasi, degradasi lingkungan), kebencanaan, meteorologi, hingga militer dan keamanan.

Antusiasme peserta terlihat semakin tinggi, terutama karena program Sekolah Drone ini menawarkan kesempatan bagi para peserta untuk memenuhi kebutuhan satuan kredit semester (SKS). Mereka juga berkompetisi untuk meraih sertifikasi pilot drone profesional yang akan diberikan kepada 10 peserta terbaik. Hal ini tentunya menjadi nilai tambah bagi karier dan kompetensi mereka di masa depan.

Dengan acara Kick Off ini, DPMA IPB University berharap agar teknologi drone dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kemajuan pembangunan desa, pengelolaan sumber daya alam, peningkatan produktivitas sektor agromaritim, serta mendukung pengambilan keputusan berbasis data yang lebih akurat dan efektif di berbagai wilayah Indonesia. (*/Rz)