Forum Wacana IPB University Kunjungi PT Biomagg Sinergi Internasional, Kolaborasi Pemberdayaan Masyarakat

Forum Wacana IPB University Kunjungi PT Biomagg Sinergi Internasional, Kolaborasi Pemberdayaan Masyarakat

Forum Wacana IPB University Kunjungi PT Biomagg Sinergi Internasional, Kolaborasi Pemberdayaan Masyarakat
Berita

Forum Mahasiswa Pascasarjana atau Forum Wacana (FW) IPB University melalui Departemen Community Development (Comdev) melakukan kunjungan ke PT. Biomagg Sinergi Internasional, Depok, Jawa Barat (13/8). Kegiatan ini dalam rangka kolaborasi program Comdev yang berkelanjutan.

PT Biomagg Sinergi Internasional merupakan perusahaan yang menyediakan solusi pengolahan sampah organik (waste management) skala industrial secara bertanggung jawab dan terpercaya.

Deli Wakano, SPd, MSi, Ketua FW IPB University menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan salah satu program unggulan FW, yaitu ‘Mitra Strategis’ yang menjadi langkah awal dalam upaya kolaboratif. Tujuannya adalah untuk menjajaki dan membangun kolaborasi dalam rangka kegiatan pemberdayaan masyarakat, khususnya dalam pengelolaan sampah rumah tangga.

“Pengembangan program ini selain untuk mengedukasi dan melibatkan masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga, tidak hanya fokus pada aspek lingkungan saja, tetapi juga pada peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat melalui pengelolaan sampah yang produktif,” ujarnya.

Luthfi Nur’azkiya, SP, MSi, Wakil Ketua FW IPB University menambahkan bahwa kolaborasi ini akan difokuskan pada pengembangan kapasitas masyarakat dalam mengelola sampah rumah tangga, termasuk melalui pelatihan, pendampingan, dan penyediaan teknologi yang dibutuhkan. Diharapkan, inisiatif ini akan menciptakan dampak jangka panjang yang positif, tidak hanya bagi lingkungan, tetapi juga bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Harapan kami ini menjadi langkah awal yang signifikan dalam memberdayakan masyarakat melalui solusi inovatif dalam pengelolaan sampah, sekaligus mendukung pembangunan ekonomi berbasis lingkungan,” jelasnya

Sementara itu, Aminudi, SP selaku CEO PT Biomagg Sinergi Internasional menyampaikan pesan bahwa pelaksanaan program corporate social responsibility (CSR) harus berkelanjutan dan berdampak bagi lingkungan dan masyarakat secara luas.

“Kami berharap dapat lebih luas lagi menjangkau masyarakat dan mengajak berperan aktif dalam mengelola sampah rumah tangga dengan cara yang lebih efektif dan ramah lingkungan,” ujar Aminudi yang juga merupakan salah seorang alumni Departemen Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian IPB University. (HBL/Rz)