Enam Fakultas dan Sekolah IPB University Mendapatkan Bimtek Pengisian Lembar Kerja Evaluasi Zona Integritas

Enam Fakultas dan Sekolah IPB University Mendapatkan Bimtek Pengisian Lembar Kerja Evaluasi Zona Integritas

Enam Fakultas dan Sekolah IPB University Mendapatkan Bimtek Pengisian Lembar Kerja Evaluasi Zona Integritas
Berita

Enam Fakultas dan Sekolah IPB University mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengisian Lembar Kerja Evaluasi (LKE) Zona Integritas (ZI). Acara ini dilaksanakan selama dua hari di IPB International Convention Center (IICC), Bogor 14/8.

Enam fakultas dan sekolah tersebut adalah Fakultas Peternakan, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Ekologi Manusia, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ekonomi dan Manajemen dan Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis.

Kepala Kantor Audit Internal (KAI) IPB University, Dr Wawan Oktariza menyampaikan bahwa enam fakultas dan sekolah yang mendapat bimtek ini merupakan fakultas dan sekolah yang telah mendapatkan Surat Keputusan (SK) Dekan untuk melakukan pengisian LKE ZI.

Ia berharap semangat dari enam fakultas dan sekolah yang saat ini mengikuti bimtek akan segera diikuti oleh fakultas dan sekolah yang belum melaksanakan.

Sekretaris Institut IPB University, Prof Agus Purwito mengatakan bahwa pengisian LKE ZI merupakan kewajiban yang harus dilakukan. Demikian pentingnya pengisian LKE ZI ini dilakukan sesuai dengan perjanjian kinerja antara IPB University dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek). Dalam perjanjian tersebut, bahwa sekurang-kurangnya 50 persen fakultas dan sekolah akan membangun zona integritas.

“Apabila pengisian LKE ZI tidak dilakukan maka akan berdampak pada anggaran dana,” tambahnya.

Sekretaris II Tim Reformasi Birokrasi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek), Muhammad Ali Akbar, SE, MBA sebagai narasumber menyampaikan tentang reformasi birokrasi dan zona integritas.

“Ini upaya bersama dalam melakukan tata kelola dalam lembaga kita. Ini langkah awal perbaikan. IPB University sebagai institusi besar akan banyak memiliki tantangan, melalui reformasi birokrasi dan pembangunan zona integritas adalah dalam upaya berbenah,” tuturnya.

Ia melanjutkan, “Untuk mempercepat reformasi birokrasi, maka dilakukan secara bottom up. Dalam Bimtek Pengisian LKE ZI ini, akan terlihat fakultas mana pelayanan yang paling bagus, dengan tenaga kependidikan murah senyum, dosen mudah ditemui, melalui kriteria zona integritas. Semua fakultas berlomba perbaiki pelayanan.” (*/Rz)