Dosen IPB University Manfaatkan Virtual Tour untuk Cegah Demensia pada Lansia di Bandung

Dosen IPB University Manfaatkan Virtual Tour untuk Cegah Demensia pada Lansia di Bandung

Dosen IPB University Manfaatkan Virtual Tour untuk Cegah Demensia pada Lansia di Bandung
Berita

Tim dosen Sekolah Vokasi IPB University dari Program Studi (Prodi) Ekowisata melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam program Dosen Pulang Kampung (Dospulkam) di Panti Sosial Wredha Budi Pertiwi, Kota Bandung, Jawa Barat pada Senin (5/8). Kegiatan ini dirancang untuk mencegah demensia pada lansia melalui berbagai aktivitas yang melibatkan permainan dan teknologi virtual reality (VR).

Kegiatan ini melibatkan 22 lansia yang diajak bermain games kartu memori sebagai latihan daya ingat, sebelum dilanjutkan dengan percobaan menggunakan perangkat VR untuk menjelajahi tur virtual. Para lansia terlihat antusias dan menikmati setiap kegiatan yang diadakan.

Tim Dospulkam terdiri dari beberapa dosen Sekolah Vokasi IPB University dari Prodi Ekowisata, yaitu Natasha Indah Rahmani ST, MT; Kania Sofiantina Rahayu, SIkom MPar MTHM; Dyah Prabandari SP, MSi; dan Dr Occy Bonanza SP, MT.

Natasha Indah selaku ketua pelaksana, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk memanfaatkan teknologi VR sebagai sarana tur virtual yang dapat menjadi aktivitas pelatihan daya ingat bagi para lansia, sekaligus mencegah risiko demensia.

“Kami ingin memanfaatkan teknologi VR untuk menciptakan fasilitas tur virtual yang bisa menjadi salah satu aktivitas bagi lansia dalam melatih daya ingat dan mencegah penyakit demensia,” ujar Natasha.

Menurut Dr Occy Bonanza, Sekretaris Prodi Ekowisata IPB University, kegiatan ini merupakan wujud kepedulian kampus dan tim dosen terhadap masyarakat, terutama para lansia. “Para lansia terlihat senang dan antusias sekali dalam pelaksanaannya,” jelasnya.

Demensia, yang dikenal sebagai penyakit yang mengganggu daya ingat, menjadi perhatian serius di Indonesia. Saat ini, sekitar 27,9 persen dari jumlah lansia di Indonesia menderita demensia Alzheimer, dan lebih dari 4,2 juta penduduk Indonesia tercatat menderita demensia.

Melalui kegiatan ini, Dr Occy mengatakan, tim dosen Ekowisata IPB University berupaya memberikan kontribusi nyata bagi pencegahan demensia pada lansia, sekaligus memperkenalkan inovasi teknologi yang dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari mereka. (ASW/Rz)